Blog Tribunners

Lima Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Manfaat kurma sudah dibuktikan sebagai pelancar ASI dan sudah banyak dipraktekkan baik bagi ibu yang berpuasa maupun tidak.

Lima Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil
NDTV FOOD
Ilustrasi kurma. 

TRIBUNNERS - Manfaat makan kurma saat hamil belum banyak diketahui.

Padahal, buah kaya nutrisi tersebut bisa memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan ibu dan bayi selama masa kehamilan.

Manfaat kurma sudah dibuktikan sebagai pelancar ASI dan sudah banyak dipraktekkan baik bagi ibu yang berpuasa maupun tidak. Campuran kurma dan susu yang disebut air nabeez ini terbukti melancarkan ASI para ibu menyusui.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Berikut ini merupakan manfaat buah kurma untuk ibu hamil :

1 Sumber energi
Selama hamil, Bunda membutuhkan energi lebih banyak. Makan kurma setiap hari bisa memberi asupan gula yang dibutuhkan tanpa tambahan kalori.

2 Mencegah sembelit saat hamil
Kurma kaya akan serat sehingga menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan menghindari sembelit yang sering dialami ibu hamil. Selain itu, kurma juga mengenyangkan, mengurangi kadar kolesterol, dan membantu menjaga berat badan tetap stabil.

3 Mencegah terjadinya cacat lahir
Kandungan asam folat di dalam kurma sangat bermanfaat untuk mencegah cacar lahir yang bisa menyerang otak dan tulang belakang.

4 Mencegah Anemia
Kurma bisa memberikan asupan zat besi yang dibutuhkan selama masa kehamilan, sehingga mencegah terjadinya anemia. Zat besi menjaga kadar hemoglobin di tubuh dan menguatkan sistem imun bumil dan bayi di dalam kandungan.

5 Memudahkan persalinan
Kurma mendorong oksitoksin untuk melakukan kontraksi di rahim sehingga meningkatkan sensivitas di uterus. Asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh di dalam kurma memberi asupan energi, juga memproduksi prostaglandins yang dibutuhkan untuk persalinan.

Selain itu, kandungan serotonin, kalsium dan tanin membantu kontraksi otot rahim sehingga proses persalinan menjadi lebih cepat.

Itulah khasiat dari buah kurma untuk ibu hamil. Semoga informasinya bermanfaat

Selengkapnya

Penulis: aditya indra
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved