Tribunners / Citizen Journalism

Hari Pendidikan Nasional

Mengembalikan Karakter Adiluhung Bangsa: Refleksi Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019

Dunia pendidikan kita menghadapi dua tantangan yang serius, yakni perubahan perilaku sosial dan perilaku individual yang merusak nilai adiluhung.

Mengembalikan Karakter Adiluhung Bangsa: Refleksi Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019
tribunkaltim.co/arif zulkifli
10 Ucapan Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional 

DUNIA pendidikan kita saat ini menghadapi dua tantangan yang serius, yakni perubahan perilaku sosial dan perilaku individual yang merusak nilai-nilai adiluhung bangsa.

PERTAMA, politik, terutama pilkada dan pilpres telah banyak mengubah karakter dan perilaku sosial kita.

Karakter agung masyarakat kita yang relijius, jujur, toleran atau saling menghormati, kalem, dan murah senyum.

Dalam pergaulan sehari-hari, terutama di dunia media social, sifat-sifat itu terasa semakin menjauh.

Masyarakat kita menjadi semakin mudah marah, mudah menghina dan mengejek, mudah menyalahkan orang lain, dan agresif menyerang pihak lain yang bersebarangan atau berbeda pilihan politiknya.

Perubahan sifat itu menjadi semakin mengkhawatirkan dengan maraknya penyebaran infomasi tanpa klarifikasi, tanpa mencari sumbernya yang sering kali berupa informasi palsu, bohong (hoax) dan ujaran kebencian (hate speech) antar sesama.

Inilah kenyataan kontestasi politik di era post truth yang didukung oleh kemajuan teknologi informasi dalam dunia medsos.

Dan, yang paling mengagetkan kita semua adalah bahwa pelakunya menurut berbagai survei tidak terkait dengan tingkat usia maupun pendidikan.

Banyak riset dan survei menemukan bahwa tingkat pendidikan tidak banyak mempengaruhi kontrol diri pelaku dengan tingkat pendidikan tinggi. 

Siapa saja yang memegang gawai (gadget) dan aktif di media sosial sangat berpotensi melakukan tindakan tak terpuji tersebut.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved