Tribunners / Citizen Journalism

Kasus Makar

Ungkap dan Beri Hukuman Tegas Dalang Kerusuhan Mei

Dengan sikap yang cepat dan tanggap, Polri juga menangkap mereka yang hendak melakukan ancaman pembunuhan terhadap para tokoh bangsa.

Ungkap dan Beri Hukuman Tegas Dalang Kerusuhan Mei
WARTA KOTA/Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Kericuhan peserta aksi unjuk rasa terus terjadi di Jalan KH Wahid Hasyim arah perempatan jalan Sabang, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) malam. Hingga Kamis dini hari, sebagian peserta aksi sudah digiring aparat kemanan untuk membubarkan diri. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

oleh: Irfaan Sanoesi, Koordinator Nasional Jaringan Islam Kebangsaan (JIK)

TRIBUNNER - Jaringan Islam Kebangsaan (JIK) mendukung upaya Polri menindak tegas para perusuh, mencari dalang kerusuhan dan penyandang dana serta membawa mereka ke muka hukum. Upaya para perusuh jelas-jelas telah merusak dan mengancam tatanan demokrasi yang kita bangun.

Kita berduka cita mendalam atas jatuhnya korban jiwa dan kerusakan atau kehilangan harta benda dalam kerusuhan itu. Kepada para perusuh dan aktor intelektual, mari sudahi cara berpikir seperti itu agar tidak timbul korban selanjutnya.

Adanya bukti awal penyelundupan senjata dari daerah ke Jakarta menjadi ancaman yang serius. Polri dan TNI bersikap profesional sehingga peristiwa itu tidak semakin membesar.

Dengan sikap yang cepat dan tanggap, Polri juga menangkap mereka yang hendak melakukan ancaman pembunuhan terhadap para tokoh bangsa.

Tindakan ancaman pembunuhan bagi para tokoh bangsa menjadi catatan serius bagi demokrasi Indonesia.

Baca: Unggahan Angela Gilsha Soal Tangisan Bayi di Pesawat Viral, Marsha Timothy Buka Suara

Baca: Kivlan Zen Diduga Jadi Perencana Pembunuhan, Pengacara Bantah hingga Jelaskan Uang Rp 150 Juta

Bahwa ada catatan dan evaluasi itu adalah keharusan, sampaikan aspirasi melalui jalur hukum itu kewajiban. Tetapi melawan pemerintah dengan ancaman pembunuhan para tokoh bangsa adalah tindakan makar (bughot).

Pada posisi ini, JIK berdiri pada garis yang tegas, yakni melawan upaya upaya makar. JIK mendorong dijalinnya komunikasi diantara elite politik guna meredakan ketegangan mutlak diperlukan. Di momen lebaran seperti ini, sepatutnya ajakan komunikasi itu harus disambut dengan baik, sehingga ketegangan di elite bisa mencairkan suasana di akar rumput.

Terlebih tindakan para perusuh sudah kehilangan momentum dengan respons masyarakat sipil yang memberikan dukungan moril kepada Polri dan TNI.

Kita bisa melihat banyak warga sipil termasuk anak-anak yang tidak rela negeri ini carut-marut. Dengan berbesar hati mereka memberikan bingkisan dan bunga sebagai tanda simpati kepada aparat. Sepatutnya kita harus mencontoh tindakan terpuji mereka.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved