5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Tergigit Hewan Terinfeksi Rabies

Perlu diberi pertolongan sesegera mungkin jika seseorang tergigit atau tercakar hewan yang berindikasi terinfeksi rabies.

Laporan Wartawan Tribun Lampung, Ana Puspita

TRIBUNNEWS.COM, BANDAR LAMPUNG - Saat seseorang tergigit ataupun tercakar hewan yang berpotensi mengandung virus rabies seperti anjing, kucing, kera maupun kelelawar, maka perlu diberi tindakan pertolongan sesegera mungkin.

Tidak perlu panik, yang pertama kali harus dilakukan adalah membersihkan bagian luka dengan air bersih yang mengalir selama 10 sampai 15 menit.

Setelah itu lalu diberi antiseptik dapat berupa betadine, refanol ataupun alkohol pada area luka. Sementara, biarkan luka terbuka.

"Berikutnya, yang perlu dilakukan adalah mendatangi pos pelayanan kesehatan terdekat seperti puskesmas atau rumah sakit terdekat. Tujuannya adalah agar kita mendapatkan vaksinasi anti rabies sesegera mungkin," terang dr Komang.

Vaksinasi ini, lanjut dia, diberikan tiga kali yaitu pada hari pertama terkena gigitan, hari ketujuh dan hari keduapuluh satu. Ya, vaksinasi ini harus lengkap.

Selain memberikan vaksinasi pada manusia yang terkena gigitan, hewannya pun perlu diisolasi untuk dilihat perkembangannya.

Jika dalam beberapa hari hewan tersebut mengalami kejang kemudian lumpuh sampai mati, maka dipastikan hewan tersebut terserang virus rabies.

Namun, jika hingga minggu ketiga kondisi hewan tersebut masih baik-baik saja, maka hewan tersebut juga divaksin sebanyak tiga kali.(*) 
 

Editor: Willem Jonata
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved