Sekarang Bukan Zamannya Singkong Keju, Tapi Plastik Singkong

Hingga kini sederet perusahaan bergengsi telah menggunakan produknya, seperti Garuda Indonesia dan Ritz Carlton Hotel.

Sekarang Bukan Zamannya Singkong Keju, Tapi Plastik Singkong
Prestige
Kevin Kumala. 

TRIBUNNEWS.COM - Dilansir dari Kompas.com, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebutkan bahwa Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut.

Itulah sebabnya kini marak munculnya kampanye yang bertujuan untuk meminimalisir penggunaan plastik. Mulai dari gerakan diet kantong plastik sampai gerakan anti sedotan plastik.

Adapun satu solusi ampuh hasil pemikiran anak bangsa yang diakui hingga ke kancah internasional!

Kevin Kumala, seorang Chief Green Officer dari perusahaan berbasis sains asal Bali Avani Eco, berhasil menciptakan kantong plastik sekali pakai dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah terurai serta tidak berbahaya bagi makhluk hidup, bahkan jika sampai tertelan hewan laut.

Gagasannya tercipta kala ia melihat perubahan drastis di beberapa pantai Bali yang dipenuhi oleh sampah plastik.

Dari situlah, Kevin memiliki misi untuk menyelamatkan Bumi dengan menciptakan produk biodegradable yang ramah lingkungan.

wadidaw-9119-1
Plastik yang terbuat dari singkong.

Gagasannya berpaku pada konsep bioplastik berbahan pati yang telah mendunia sejak 1990. Agar tak menghabiskan biaya yang besar, Kevin berputar otak dan mencari alternatif lain. Ia pun mulai melakukan eksperimen dengan menggunakan bahan dasar singkong.

Menariknya, singkong yang ia gunakan telah diolah menjadi tepung yang biasa dipakai untuk pakan ternak dengan kadar pati yang rendah (eits, jangan kepikiran gorengan singkong keju ya!).

Perjalanan si pelopor plastik singkong

Sekitar tiga tahun lamanya, Alumni Biology Science, University of Southern California itu melakukan penelitian mendalam untuk menghasilkan bioplastik dengan ketahanan tinggi. Hingga akhirnya ia memberanikan diri untuk membangun Avani Eco pada 2014 lalu.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved