Asian Para Games 2018

Cucu Saidah, Pejuang Kesetaraan Disabilitas yang Turut Aktif di Asian Para Games

Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 merupakan sebuah momentum yang hendak dimaksimalkan oleh Cucu

Cucu Saidah, Pejuang Kesetaraan Disabilitas yang Turut Aktif di Asian Para Games
Tribunnews/Abdul Majid
Cucu Saidah saat mengukur pintu toilet di venue panahan yang dirasanya kurang ramah bagi penyandang disabilitas, Jumat (28/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berbagai transportasi dan ruang publik mulai berbenah agar ramah untuk para penyandang disabilitas.

Perbaikan ini tentu tidak hadir begitu saja, terdapat proses panjang di baliknya. Satu di antaranya adalah dorongan dari  komunitas Jakarta Free Barrier Tourism (JBFT). 

Cucu Saidah merupakan tokoh utama dalam komunitas ini karena ia adalah inisiator dari komunitas yang terbentuk sejak 2012 ini.

 "Sesuai dengan namanya, saya berharap komunitas ini bisa menghilangkan halangan atau barrier sehingga ramah wisata bagi teman-teman disabilitas," jelasnya.

Cucu beserta anggota komunitas lainnya berharap dengan adanya komunitas ini, penyandang disabilitas berani proaktif terhadap kebutuhan mereka sehingga masyarakat juga lebih paham bagaimana cara berinteraksi dengan penyandang disabilitas.

"Saya ingin teman-teman disabilitas tidak takut untuk meminta bantuan dan berinteraksi dengan orang lain. Dengan demikian orang yang membantu juga lebih mengerti bagaimana treatment yang seharusnya," ujarnya.

Komunitas Jakarta Free Barrier Tourism tiap bulannya mengunjungi ruang-ruang publik seperti taman atau tempat wisata menggunakan transportasi umum.

Kegiatan ini bertujuan untuk ikut mendorong pembangunan fasilitas yang ramah untuk disabilitas.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan sebagai salah satu cara memberikan pengetahuan terhadap masyarakat mengenai persoalan disabilitas dan cara berinteraksinya. 

Halaman
12
Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved