Breaking News:
ABC World

Pembatalan Haji Tak Hanya Berdampak Pada Jemaah, Tapi Juga WNI di Makkah

Tidak hanya bagi calon jemaah haji, warga Indonesia di Mekah pun terkena dampak dari tidak diberangkatkannya jemaah asal Indonesia.…

Pemerintah Indonesia memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji di tahun 2020, karena belum adanya kepastian dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Dengan kuota lebih dari 220 ribu orang yang harusnya berangkat haji tahun ini dari Indonesia, banyak calon jemaah yang mengaku ikhlas meskipun sedih.

"Sedih pastinya karena sudah senang waktu dapat kabar kalau tahun ini porsi haji saya bersama suami sudah keluar," ujar Sjachrani Naharuddin, calon jemaah asal Makassar, Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, mereka mendapatkan kabar konfirmasi keberangkatan pada November 2019, sebelum pandemi virus corona.

Rani dan Toro.jpg

Foto: ABC News, Erwin Renaldi: Pasangan Nasyantoro Sulistio dan Sjachrani Naharuddin, calon jamaah haji tahun 2020 asal Indonesia, yang terdampak keputusan pembatalan pemberangkatan haji tahun ini. Meski merasa sedih setelah menunggu sekian tahun, namun mereka bisa menerima dengan ikhlas.

Pengalaman spiritual menghabiskan 10 malam terakhir di Ramadan di Makkah dan Madinah.

Namun melihat situasi pandemi COVID-19 saat ini, Isdah mengaku pilihannya lebih cenderung tidak berangkat.

"Kalau Ihsan menyarankan tidak berangkat. Saya sendiri masih terus berdoa. Menunggu kepastian dari Arab Saudi sampai minggu depan. Sedih rasanya," ujarnya.

Para calon jemaah haji yang akan berangkat dari travel Euro-muslim dikenakan biaya sekitar $5.750 serta harus memiliki kartu identitas yang berlaku di Belanda.

Isdah mengaku sudah mulai ikhlas jika akhirnya tak jadi berangkat karena pandemi COVID-19, tapi ia berharap masih bisa berangkat tahun depan jika situasi kembali normal.

"Jadi saya menunggu kepastian mengenai penyelenggaraan haji dari Pemerintah Arab Saudi," ujarnya.

Ikuti perkembangan terkini soal pandemi virus corona di dunia lewat situs ABC Indonesia

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved