Breaking News:
ABC World

Kekayaan Bos Amazon Sudah Hampir Sama Dengan Pendapatan Selandia Baru

Bos Amazon Jeff Bezos telah menghasilkan Rp197 triliun dalam satu hari dan sekarang hampir setara dengan Pendapatan Domestik Bruto…

Saat negara lain menimbun utang akibat pengeluaran di tengah pandemi virus corona, bos Amazon, Jeff Bezos malah menghasilkan AU$19 miliar, atau lebih Rp197 triliun dalam satu hari, hampir setara dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Selandia Baru.

Senin kemarin (20/07), ketika saham teknologi melonjak, kekayaan bersih Bezos diperkirakan naik AU$19 miliar sehingga totalnya menjadi AU$270 miliar.

Dengan nilai sebesar itu artinya pendapatan Jeff dalam sehari hanya berbeda tipis dengan jumlah PDB Selandia Baru (AU$20 miliar) yang didapat dari domba yang dicukur, susu yang diperah, dan setiap barang dan jasa lainnya yang diproduksi di negara berpenduduk 4,8 juta orang ini dalam setahun.

Uang yang didapatkan Jeff dalam sehari sama dengan pengeluaran Pemerintah Australia untuk sekolah setiap tahun.

Amazon membayar pajak dua persen di Australia pada tahun 2018, dengan pendapatan lebih dari AU$1 miliar dan tagihan pajak sebesar AU$20 juta.

Tahun lalu, ABC melaporkan ratusan juta dolar mungkin telah mengalir ke luar negeri, yaitu ke Luxemburg

Sulit membayangkan berapa banyak A$270 miliar itu, tapi kira-kira sebanyak di foto di bawah ini.

A visual representation of one billion

Supplied: COopnet: A visual representation of 50,000, one million, and one billion. Bezos's fortune is 270bn.

Dalam tiga setengah bulan pertama tahun 2020, Jeff memperoleh A$36 miliar melebihi PDB negara Honduras, negara berpenduduk 10 juta orang.

Peningkatan AU$ 19 milliar yang dicapai Jeff adalah kenaikan terbesar kekayaan bersih siapa pun dalam satu hari sejak Bloomberg mulai mencatat perubahan kekayaan harian orang terkaya di dunia delapan tahun lalu.

Hanya beberapa hari sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, menyatakan ketidaksetaraan kekayaan sebagai masalah yang "menentukan waktu kita."

"Sementara kita semua ada di laut yang sama, jelas bahwa beberapa berada di kapal pesiar keluaran terbaru, sementara yang lain berpegang erat pada puing-puing yang mengambang," katanya.

Jeff sekarang AU$ 100 miliar lebih kaya daripada seorang pria yang identik dengan kekayaan, yakni Bill Gates, atau siapa pun orang terkaya berikutnya yang ada dalam daftar.

Laporan tersebut juga memperingatkan miliarder Amerika Serikat kemungkinan akan muncul dari pandemi seolah-olah tidak ada yang terjadi.

Salah satu alasan untuk ini, kata laporan itu, adalah mereka membayar pajak jauh lebih sedikit daripada sebelumnya: beban pajak mereka telah turun 79 persen dari 1980 hingga 2018.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved