Breaking News:
ABC World

Usulan Denda Rp 2 Juta di Australia Karena Seberangi Jalan Sambil Lihat HP

Semakin banyak pejalan kaki di Australia yang menggunakan HP atau mendengarkan musik menggunakan headphone ketika menyeberang jalan,…

Semakin banyak pejalan kaki di Australia yang menggunakan HP atau mendengarkan musik menggunakan headphone ketika menyeberang jalan, hal yang bisa membahayakan mereka sendiri dan orang lain.

  • Usulan denda Rp 2 juta bagi pejalan kaki yang menyeberang sambil memainkan HP
  • Semakin banyak pejalan kaki tewas karena kehilangan konsentrasi ketika menyeberang
  • Kota Honolulu di Hawaii sudah menerapkan denda serupa

Karena itu guna mengurangi kebiasaan tersebut, sebuah organisasi di sini mengusulkan agar denda bagi mereka yang melakukan hal tersebut sekitar Rp 2 juta atau 200.

Lembaga yang mengusulkan tersebut adalah Dewan Pejalan Kaki Australia (Australian Pedestrian Council, PDA), yang mengatakan bahwa sampai saat ini di Australia belum ada hukum yang mengatur perilaku seperti ini dan karenanya perlu dilakukan.

Dewan Pejalan Kaki Australia tersebut mengatakan aturan yang diusulkan disebut "Cross Road While Distracted (Menyeberang Jalan Sambil Melakukan Hal Lain).

Presiden PDA Harold Scruby kepada ABC mengatakan bahwa sudah saatnya peraturan denda tersebut diberlakukan, karena kampanye bagi keselamatan pejalan kaki yang mereka lakukan selama 10 tahun terakhir sudah mencukupi dari sisi pendidikan.

"Sekarang waktunya untuk memperkuatnya dengan aturan denda," kata Scruby.

Statistik di Australia menunjukan bahwa di tahun 2018-2019 di seluruh Australia 208 pejalan kaki meninggal dunia.

Sementara itu di negara bagian Victoria, dari bulan Januari 2019 sampai bulan Juli, 25 pejalan kaki meninggal dunia, peningkatan 47 persen dari periode yang sama dari tahun sebelumnya.

Tidak disebutkan apakah semua kematian tersebut disebabkan oleh kesalahan pejalan kaki atau kendaraan yang menabrak pejalan kaki tersebut.

Namun menurut Harold Scruby, dari pengamatan yang dilakukan lembaganya, semakin banyak pejalan kaki di Australia yang terganggu konsentrasinya ketika menyeberang jalan dengan tetap melihat HP atau mendengarkan musik menggunakan headphone yang kedap suara.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved