Breaking News:
ABC World

Boeing 737 MAX yang Dipakai Lion Air Sudah Boleh Terbang lagi

Badan otoritas penerbangan sipil di Amerika Serikat merasa yakin Boeing 737 MAX untuk kembali terbang. Sebelumnya pesawat jenis ini…

Pemerintah Amerika Serikat sudah memberikan lampu hijau bagi pesawat Boeing 737 MAX untuk kembali terbang, setelah sempat dihentikan 20 bulan lalu menyusul dua kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia.

Boeing 737 MAX Boleh Terbang Lagi

  • Boeing 737 MAX dilarang terbang sejak Maret 2020 menyusul kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia
  • Larangan penerbangan masih berlaku di negara lain seperti Kanada, Brasil dan China
  • Pihak Boeing mengatakan sudah yakin jika pesawat jenis 737 MAX sudah aman dipakai lagi

Direktur Administrasi Penerbangan Sipil (FAA) Amerika Serikat, Steve Dickson sudah menandatangani pencabutan larangan terbang yang terlama dalam sejarah penerbangan tersebut.

FAA juga mengeluarkan rincian perangkat lunak, sistem dan pelatihan yang harus dilakukan Boeing sebelum pesawat Boeing 737 MAX bisa digunakan lagi untuk membawa penumpang.

Pesawat jenis 737 MAX mengalami kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia menewaskan 346 orang dalam selang lima bulan di tahun 2018 dan 2019.

Berbagai penyelidikan dan penelitian dilakukan untuk menemukan sebab kecelakaan hingga akhirnya pelarangan terbang yang menyebabkan Boeing rugi triliunan rupiah.

Steve mengatakan mereka sudah "melakukan semua yang bisa dilakukan" untuk memastikan kecelakaan seperti yang dialami pesawat Lion Air di Indonesia tersebut tidak terjadi lagi.

Kini ia mengatakan merasa yakin "100 persen" dengan keamanan pesawat tersebut.

Dengan keputusan ini, maskapai di Amerika Serikat segera bisa menerbangkan armada Boeing 737 lagi, setelah memenuhi permintaan FAA. Namun di tempat lain masing-masing maskapai harus mematuhi peraturan setempat.

Kanada dan Brasil mengatakan mereka mengadakan kajian sendiri yang segera akan selesai.

Pertanyaan kemudian muncul seberapa cepat negara lain, seperti China, akan mencabut larangan mereka.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved