Breaking News:
ABC World

Penemuan Kotak Hitam Diharapkan Bisa Menjawab Misteri Jatuhnya Sriwijaya Air

Temuan awal menunjukkan mesin pesawat masih hidup saat pesawat menabrak air. Nantinya penemuan kotak hitam ini diharapkan bisa menjawab…

Regu penyelam telah berhasil menemukan dan mengangkat perekam data penerbangan (FDR) pesawat Sriwijaya Air.

FDR atau yang lazim disebut kotak hitam diharapkan bisa mengungkap misteri jatuhnya pesawat tersebut.

Selain kotak hitam, para penyelam juga menemukan suar radio, alat yang terhubung dengan perekam suara kokpit (CVR). Namun CVR hingga saat ini belum ditemukan.

"Kami yakin, karena suar yang dipasang di perekam suara kokpit juga ditemukan di sekitar lokasi, sehingga kami sangat yakin perekam suara kokpit akan segera ditemukan," kata Panglima TNI Hadi Tjahjanto dalam jumpa pers, Selasa (12/1/2020).

Dengan minimnya petunjuk langsung tentang apa yang terjadi setelah pesawat ini lepas landas, tim penyelidik KNKT akan sangat bergantung pada perekam penerbangan untuk menentukan faktor penyebab kecelakaan.

Kotak hitam selanjutnya diserahkan kepada Komite Keselamatan Transportasi Nasional (KNKT), yang melakukan investigasi kecelakaan.

Sebuah kapal angkatan laut sebelumnya menangkap sinyal ping intensif yang dipancarkan dari dua perekam tersebut.

Kepala Staf Angkat Laut Laksamana Yudo Margono menyatakan perangkat ini terkubur di lumpur dasar laut di bawah puing-puing pesawat.

Dia mengatakan setidaknya 160 penyelam dikerahkan pada hari Selasa (12/01) untuk mencari perangkat tersebut.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menyatakan pihaknya berharap bisa mengunduh data FDR dalam dua sampai lima hari.

Kunci mengungkap misteri

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved