Breaking News:
ABC World

Vaksinasi COVID-19 di Indonesia Dimulai, Nakes Takut Protokol Kesehatan Mengendur

Presiden Joko Widodo telah menerima suntikan vaksin COVID-19. Pemerintah tegaskan jika vaksin bukan obat, sementara tenaga kesehatan…

Indonesia memulai vaksinasi COVID-19 perdana dan Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang menerima suntikan vaksin di Indonesia, hari Rabu (13/01).

"Tidak terasa sama sekali," ujar Presiden Jokowi setelah mendapat suntikan vaksin buatan Sinovac asal China di Istana Negara.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia, dr Daeng Faqih menjadi orang kedua orang yang divaksin.

Vaksinasi COVID-19 perdana di Indonesia ini juga disiarkan secara langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden dan terlihat mengedepankan pesan "aman" dan "halal".

Hadir dalam vaksinasi juga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan, dan Rais Syuriah PBNU Ahmad Ishomuddin, yang memberikan pernyataan sebelum divaksin.

Presiden Joko Widodo Disuntik Vaksin COVID-19

Supplied: LaporCOVID-19: Presiden Joko Widodo disuntik vaksin COVID-19 di Istana Negara, hari Rabu (13/01).

LaporCOVID-19 per hari Selasa (12/01) mencatat, lebih dari 600 orang tenaga kesehatan Indonesia telah meninggal dunia akibat COVID-19.

Menurut dr Andika, menambah tempat perawatan akan berisiko pada tenaga kesehatan yang ada. Selain akan membuat tenaga kesehatan kelelahan dan rentan terpapar, kualitas perawatan juga akan menjadi menurun.

"Karena bayangkan, sebagai contoh saya di satu rumah sakit itu melakukan visit 30 sampai 40 pasien. Bisa enggak kira-kira saya mengetahui secara detil kondisi pasien? Kan enggak," kata dokter yang menangani tiga rumah sakit ini.

"Jadi kita menyiasati kalau kondisi pasien nggak berat-berat banget ya kita skip-skip aja gitu. Itu salah satu bentuk usaha kita untuk tetap melayani, walau kualitasnya jadi menurun."

Masyarakat dan pemerintah tidak boleh lengah

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved