Breaking News:
ABC World

Mengapa Jepang Tetap Ingin Gelar Olimpiade di Tokyo Saat Pandemi COVID-19?

Pakar kesehatan mengatakan menggelar pesta olahraga dunia, dengan belasan ribu peserta datang dari penjuru dunia di tengah pandemi…

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menegaskan jika Olimpiade Musim Panas di Tokyo akan tetap dilaksanakan di tahun 2021, setelah ditunda dari tahun sebelumnya.

Olimpiade Tidak Akan Ditunda Lagi

  • Olimpiade Tokyo akan dimulai pada tanggal 23 Juli mendatang
  • Komite Olimpiade Internasional mengatakan tidak ada alasan untuk kembali ditunda
  • Jepang baru-baru ini menetapkan keadaan darurat akibat COVID-19, termasuk di Tokyo

Menurut Bach, tidak ada rencana alternatif lainnya yang disebutnya "Rencana B" dengan hari Sabtu (23/2/2021) bertepatan dengan enam bulan menjelang Olimpiade yang akan dilangsungkan 23 Juli.

Meski dukungan dari publik di Jepang menurun dan di tengah pandemi COVID-19, pihak penyelenggara mengatakan Olimpiade akan tetap dilangsungkan.

"Sampai saat ini tidak ada alasan untuk mengatakan Olimpiade di Tokyo tidak akan dimulai pada tanggal 23 Juli di Stadion Olimpiade di Tokyo," kata Bach kepada kantor berita Jepang Kyodo News.

"Itulah mengapa tidak ada rencana lain dan kami bertekad membuat Olimpiade ini aman dan berhasil," katanya.

Thomas Bach gesturing while giving a speech.

AP: Kiichiro Sato: Presiden IOC Thomas Bach mengatakan bahwa sampai sekarang rencana pembukaan Olimpiade 2021 adalah tanggal 23 Juli.

Meski ada rasa optimisme yang ditunjukkan oleh IOC dan pihak penyelenggara, para pakar masalah virus mengatakan menyelenggarakan pesta olahraga sebesar Olimpiade di tengah pandemi terlalu beresiko.

Dengan sekitar 15 ribu atlet dan peserta lainnya berkumpul selama Olimpiade dan Paralimpade dari seluruh dunia, pesta olahraga memberikan tantangan yang unik bagi penyelenggara.

"Apakah kita harus menanggung resiko itu? Bertaruh dengan menyelenggarakan Olimpiade, saya tidak mendukung itu," kata Kentaro Iwata, pakar penyakit menular terkenal Jepang dari Kobe University kepada Reuters.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved