Tak Perlu Antre, Bayar Tiket Commuter Line Pakai Flazz

Senin, 13 Januari 2014 15:39 WIB
Tak Perlu Antre, Bayar Tiket Commuter Line Pakai Flazz
BCA

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pengguna kereta Commuter Line, PT Bank Central Asia, Tbk bekerja sama dengan KCJ menambahkan cara bayar praktis, melalui Kartu Flazz sebagai tiket Commuter Line Jabodetabek.

Setiap pagi pukul 07.00 WIB, Agung (33), karyawan swasta, berangkat dari rumahnya di Bogor menuju kantor di bilangan Slipi, Jakarta menggunakan kereta (KRL) Commuter Line. Ia telah menjadi pengguna jenis kereta ini selama 10 tahun. Kalau dulu Agung masih mengantre untuk membeli tiket, kini tak perlu repot lagi, karena Agung beralih menggunakan Flazz untuk membayar tarif perjalanannya. Jauh lebih cepat dan praktis untuk bertransaksi. 

BCA bekerja sama dengan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang merupakan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengimplementasikan penerimaan Flazz sebagai tiket Commuter Line. 

Bertempat di Stasiun Sudirman, Jakarta pada Minggu (8/12) lalu, Kartu Flazz secara resmi sudah dapat dipakai sebagai tiket Commuter Line se-Jabodetabek. Peresmian implementasi Flazz sebagai e-ticket KRL Jabodetabek ini ditandai dengan konferensi pers yang dihadiri oleh Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja dan Direktur Utama KAI, Ignasius Jonan, serta Direktur Utama KCJ, Tri Handoyo. Turut hadir jajaran manajemen KAI, KCJ, dan BCA.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan bahwa Bank BCA selalu ingin memberikan kemudahan bagi para nasabahnya, termasuk pengguna KRL Commuter Line. "Pada pagi hari ini, kami telah merilis Kartu Flazz bergambar kereta api. Dengan sekali saja melakukan aktivasi di gerbang stasiun, maka Kartu Flazz ini dan Kartu Flazz jenis lainnya, bisa dipakai sebagai tiket Commuter Line. Jadi tidak perlu antre atau repot dengan uang receh lagi. BCA siap mendukung langkah KCJ untuk terus meningkatkan layanan kepada para commuter", ujarnya.

Tri Handoyo selaku Direktur Utama KCJ menyampaikan bahwa pihak KCJ siap bekerja-sama dan mengadopsi teknologi serta platform yang berbeda. "Sejarah membuktikan kita bisa melakukaninteroperability, yaitu satu kartu untuk dua intermoda, yaitu Transjakarta dan kereta Commuter Line. Ini merupakan hasil dari diskusi panjang sejak 2009 bersama Bank Indonesia. Inisiatif ini sangat baik dan kita akan kembangkan semaksimal mungkin," ujarnya.

Kartu BCA Flazz ini seperti layaknya Kartu Commet Multi Trip (CMT) dan Single Trip. Anda cukup membeli Kartu Flazz, top up, dan melakukan aktivasi Kartu Flazz di seluruh stasiun, dan kemudian Kartu Flazz sudah dapat digunakan untuk membayar perjalanan kereta Commuter Line. Proses aktivasi cukup dilakukan sekali saja di awal penggunaan. 

Untuk memastikan kelancaran bertransaksi di Commuter Line, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1.    Aktifkan Flazz di loket Stasiun
2.    Kartu Flazz yang dipakai untuk gerbang masuk (Gate In) harus sama dengan Kartu Flazz yang dipakai untuk gerbang keluar (Gate Out)
3.    Nilai minimal saldo Kartu Flazz Rp 7.000,- untuk dapat bertransaksi di Commuter Line 

Cara bertransaksi menggunakan BCA Flazz sebagai tiket KRL Commuter Line:

A. Di gerbang masuk stasiun
1. Tempelkan Kartu Flazz di bagian reader (alat pembaca) pada perangkat gerbang masuk (Gate In)
2. Layar akan menampilkan “Sukses Masuk” dan saldo Kartu FLazz Anda
3. Pastikan lampu hijau menyala dan dorong tripod ke arah depan

B. Di gerbang keluar stasiun

1. Tempelkan Kartu Flazz di bagian reader (alat pembaca) pada perangkat gerbang keluar (Gate Out)
2. Layar akan menampilkan “Tarif Perjalanan” dan sisa saldo Kartu FLazz Anda
3. Pastikan lampu hijau menyala dan dorong tripod ke arah depan

Dengan penerapan full cashless di kereta Commuter Line, saat ini sudah semakin banyak penumpang KRL Commuter Line yang  beralih dari Tiket Harian Berjaminan (THB) yang merupakan tiket untuk sekali perjalanan saja, menjadi atau Kartu Multi Trip (KMT) yang merupakan tiket berlangganan. Komposisi KMT sekarang berkisar 55% dari total perjalanan. Diharapkan dengan hadirnya Kartu Flazz sebagai salah satu alternatif untuk membayar tiket perjalanan KRL, dapat terus meningkatkan jumlah transaksi tanpa uang tunai di Commuter Line.

Untuk kemudahan para pengguna Flazz dalam melakukan top up, BCA telah menyediakan jaringan top upFlazz yang luas, yang terdiri dari jaringan ATM Non Tunai BCA dan jaringan merchant Top Up Flazz, seperti  Alfamart, Alfa Midi, Alfa Express, Lawson, Indomaret, Gramedia, Es Teler, dan puluhan ribu outlet merchantlainnya. Bahkan untuk non Nasabah yang menggunakan Flazz, BCA juga telah menyediakan kemudahan melakukan top up tunai, antara lain di jaringan toko Alfamart, Alfa Midi, Alfa Express, Lawson, Gramedia, Es Teler, dan menyusul merchant top up tunai lainnya.

Untuk info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Halo BCA 500 888 atau 021500888 atau silakan kunjungiwww.bca.co.id.

BCA. Senantiasa di Sisi Anda. 

(BERITA BCA)

Editor: Advertorial
© 2014 PT Bank Central Asia Tbk dan Tribunnews.com
Atas
// START Nielsen Online SiteCensus V6.0 // COPYRIGHT 2010 Nielsen Online ?>