Garuda Targetkan 60 Persen Penjualan via Internet Banking

Garuda Indonesia Tbk terus mengembangkan program penjualan tiketnya melalui internet atau e-commerce

Garuda Targetkan  60 Persen Penjualan via Internet Banking
TRIBUNNEWS.COM/Hendra Gunawan
Armada Garuda di Bandara Soekarno Hatta. Pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 737-800 NG yang menggunakan logo jadul, yaitu strip merah yang digunakan pada era tahun 1960 hingga 1980-an.
TRIBUNNEWS,JAKARTA--PT Garuda Indonesia Tbk terus mengembangkan program penjualan tiketnya melalui internet atau e-commerce untuk mempermudah pelanggan dan para agen mendapatkan tiket.

Pola bisnis ini diharapkan dalam empat tahun ke depan bisa melebihi penjualan tiket dengan cara manual

"Kami sedang serius mengembangkan produk e-commerce yang bisa memudahkan transaksi dan mengefisienkan biaya operasional bagi perseroan. Pada 2015, kita harapkan penjualan secara langsung (direct sales) akan mendominasi penjualan Garuda," jelas Senior General Manager e-Commerce Garuda Indonesia Joseph Adrian Saul di Jakarta, Rabu (27/04/2011).

Diungkap Adrian , perseroan sedang menyiapkan beberapa hal untuk mengembangkan e-commerce seperti memperkuat sistem teknologi informasi (TI) untuk situs Garuda Indonesia, memperluas mitra perbankan yang menjadi saluran pembayaran, dan metode pembayaran.

"Untuk mitra dari lembaga keuangan kita sudah bekerjasama dengan Visa dan Mastercard. Ke depan kita akan menggandeng Bank Mandiri, BCA, dan BII untuk pembayaran melalui kartu debit selain credit card," jelasnya.

Sedangkan untuk metode pembayaran sedang dijajaki kerjasama dengan Pay Pal dan mengembangkan pola pembayaran ala Pay Pal dengan bank lokal.

 "Kami ingin memudahkan semua pelanggan yang ingin berbelanja tiket secara online, karena itu saluran pembayaran harus banyak. Selain itu, jika pembelian dilakukan melalui internet harganya akan lebih murah 10 persen ketimbang public rate," katanya.

Direktur Pemasaran & Penjualan (Pelaksana Harian) Garuda, M. Arif Wibowo menambahkan, saat ini kontribusi penjualan melalui internet dan e-commerce baru mencapai 5 persen, tetapi diharapkan pada masa-masa mendatang akan terus meningkat, mengingat edukasi masyarakat mengenai transaksi melalui internet semakin luas.

"Selain itu kami juga akan terus meningkatkan kerjasama dengan bank-bank di seluruh Indonesia serta kartu kredit. Selama ini kerjasama kami mencakup tujuh bank besar di Indonesia," jelas Arif.

Garuda juga telah  menunjuk BII sebagai salah satu bank penerima pembayaran tiket Garuda dari mitra biro perjalanan (sub agent) Garuda.

Dijelaskannya, melalui kerja sama ini mitra travel agent (sub agent) Garuda dapat melakukan pembayaran tiket tanpa harus datang ke bank. Pembayaran tiket Garuda dapat dilakukan secara online melalui BII CoOLPAY- yang merupakan solusi Payment Gateway berbasis Internet.  

Kerja sama ini ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi mitra sub agent Garuda dalam melakukan pembayaran.  

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Budi Prasetyo
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved