Pilih Sri Mulyani Agar Ekonomi Dunia Berkembang

Kalangan pengamat ekonomi memandang peluang Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menggantikan Strauss Khan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kalangan pengamat ekonomi memandang peluang Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menggantikan Strauss Khan menjadi Direktur IMF (Dana Moneter Internasional) terbuka lebar.

"Tapi tergantung kriteria pemilihan untuk menjadi Managing Direktur IMF itu apa," kata Ekonom Senior Mirza Adityazwara ketika dikonfirmasi Tribunnews.com dari Jakarta, Selasa (24/5/2011).

Menurut Mirza, kalau IMF melihat kepada masa lalu yaitu masa pembentukan IMF dan World Bank di tahun 1940 - 1950 maka pada saat itu Amerika dan Eropa adalah ekonomi terkuat di dunia sehingga pimpinan IMF dan WB selalu dari Eropa (IMF) dan AS (World Bank).

"Tapi kalau IMF menyadari bahwa perkembangan dunia sangat berperan pada saat ini dan masa depan, maka pimpinan IMF dan World Bank bisa datang dari Asia, termasuk Sri Mulyani," kata Mirza.

Seperti diketahui, nama Sri Mulyani yang kini menjabat direktur di Bank Dunia disebut-sebut menjadi salah satu kandidat terkuat dari Asia Tenggara yang akan menempati posisi Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) menggantikan Dominique Strauss-Kahn.

Dia dijagokan Menteri Keuangan Thailand Korn Chatikavanij. Selain Sri Mulyani, kandidat lain yang disebut berpeluang dari Asia adalah Menkeu Singapura Tharman Shanmugaratnam.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: inject by pe77ow
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved