Breaking News:

Panduan Keselamatan Sriwijaya Air Raih Rekor MURI

Buku panduan keselamatan berhuruf braille yang diluncurkan oleh Sriwijaya Air berujung pada rekor Museum Rekor Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Buku panduan keselamatan berhuruf braille yang diluncurkan oleh Sriwijaya Air berujung pada rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Huruf braille diberikan Sriwijaya untuk penyandang cacat tuna netra yang menumpang pesawat maskapai tersebut. Dengan panduan itu diharapkan, penumpang penyandang cacat tuna netra bisa memahami petunjuk keselamatan saat dalam penerbangan ketimbang petunjuk yang diberikan oleh awak kabin selama ini.

Ketua MURI, Jaya Suprana mengatakan, Panduan Keselamatan Berhuruf Braille merupakan rekor ke 5.042 dari MURI yang diberikan selama ini.

Meski demikian, jelasnya, rekor ini adalah rekor yang paling menyentuh kemanusiaan. "Bila rekor lainnya adalah terpanjang, terbanyak, tertinggi atau terbesar, dalam panduan penerbangan ini memiliki kemanusiaan yang adi luhung," kata Jaya sebelum pemberian rekor MURI kepada Dirut Sriwijaya Chandra Lie oleh Menhub Freddy Numberi di Jakarta, Senin (1/8/2011).

Jaya menjelaskan, rekor tersebut bukan hanya pertama di Indonesia, tetapi pertama di dunia. "Dari sekian banyak maskapai di Indonesia, bahkan di dunia baru kali ada maskapai yang membuat panduan keselamatan dalam huruf braille," tambah Jaya.

Dirut Sriwijaya, Chandra Lie mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan terbaik bagi pelanggannya khususnya bagi para penyandang cacat.

Salah satu yang dilakukan selain panduan bagi penyandang cacat adalah pelatihan bagi para kru kabin Sriwijaya dalam memberikan layanan khusus untuk tuna netra.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved