PT Len Dapat Kontrak SIL 02 190 Juta Dolar AS

PT Len Industri (Persero) mendapatkan kontrak Sistem Interlocking Len atau SIL 02

PT Len Dapat Kontrak SIL 02 190 Juta Dolar AS
(Tribun Medan/Dedy Sinuhaji)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- PT Len Industri (Persero) mendapatkan kontrak Sistem Interlocking Len atau SIL 02 untuk pengamanan sistem persinyalan operasi kereta api dari pemerintah. Kontrak jangka panjang senilai 190 juta dolar AS tersebut sekaligus untuk pengembangannya.

Dirut PT Len Industri, Wahyuddin Bagenda mengatakan SIL 02 adalah satu produk PT Len Industri dalam bidang persinyalan kereta api yang didesain dan dikembangkan sepenuhnya oleh teknisi-teknisi muda bangsa Indonesia, dan telah diaplikasikan pada jalur-jalur kereta api di beberapa stasiun di sepanjang pulau Jawa dan Sumatera.

Sistem ini bisa mencegah kecelakaan secara otomatis. Selama ini persinyalan kereta api lebih banyak dilakukan secara manual. "Mudah-mudahan dalam jangka panjang bisa menggantikan persinyalan kereta api yang masih manual," kata Wahyuddin di Jakarta, Senin (6/8/2012) malam.

Menurut Wahyuddin, saat ini penggunaan SIL di jalur-jalur kereta api di Indonesia masih sangat kecil. Sejak dikembangkan di Indonesia, pada 2004 lalu, penggunaan sistem persinyalan dari PT Len masih terbatas hanya sekeitar 10 persen saja.

Selain itu, produk PT Len yaitu SIL 02 saat ini juga telah mendapatkan sertifikat kelaikan teknis dari Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Sertifikat ini menjadikan SIL 02 diakui dan layak dioperasikan sebagai persinyalan kereta api.

"Saya apresiasi kepada PT Len atas hasil SIL 02 bisa diberikan sertifikasi kelaikan teknis operasional setelah melalui tahapan, baik pengamatan lapangan dan tes-tes lainnya, sehingga betul-betul kita yakin produk ini cukup handal," kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan saat menyerahkan sertifikat SIL 02.

Tundjung menambahkan produk SIL 02 ini dalam rangka mengurangi zero accident (tanpa kecelakaan) untuk moda transportasi kereta api, bahwa setiap tahun terjadi penurunan kecelakaan yang signifikan. SIL 02 turut berkontribusi menjamin keselamatan perkeretaapian. "Ada empat  4 faktor utama keselamatan perkeretaapian, sarana, prasarana, sumber daya manusia dan eksternal. SIL 02 ini masuk dalam prasarana, sehingga Len berkontribusi pada persinyalan, produk asli anak bangsa. Saya juga bangga sebagai pengguna produk Len yang telah sekian lama menggunakan, sebelumnya persinyalan banyak dilakukan produk asing, SIL 02 murni produk bangsa," ucap Tundjung.

Penulis: Hendra Gunawan
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved