Bisnis Hotel Berawal dari Luapan Air Hujan

Pemilik Losari Group Arwan Tjahjadi, menceritakan cikal bakal lahirnya Hotel Losari Beach Inn, yang awalnya bernama Losari Guest House.

Bisnis Hotel Berawal dari Luapan Air Hujan
NET
Arwan Tjahjadi, pemilik Losari Group.

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Pemilik Losari Group Arwan Tjahjadi, menceritakan cikal bakal lahirnya Hotel Losari Beach Inn, yang awalnya bernama Losari Guest House.

Mantan anggota DPRD Kota Makassar bercerita di Losari Beach Hotel, di tengah kesibukannya mengurus Celebes International Dragon Boat, Sabtu (3/11/2012) lalu.

Sebelum berkiprah di perhotelan, insinyur arsitek Fakultas Teknik Unhas 1980, membuka usaha rumah makan. Menunya ayam goreng, kedainya ditata mirip restoran.

Di lantai dua, Arwan membuat penginapan, Losari Guest House namanya. Sedangkan lantai tiga ditempati karyawan sebagai kos-kosan.

Bangunan Losari Guest House, sekarang bernama Hotel Losri Beach Inn, di samping Rumah Makan Shogun, Jalan Penghibur Makassar.

Suatu ketika, hujan deras menguyur Kota Makassar. Suami Fientje Tjahjadi lantas panik. Air hujan tiba-tiba meluap dari lantai tiga, ke rumah makan, dan meluber ke penginapan di lantai dua.

Arwan kemudian naik ke lantai tiga. Ia mencari tahu penyebab kebocoran. Ternyata, ada pipa saluran air yang tersumbat. Pipa ini tak terpelihara.

Arwan lalu mencari para karyawannya di 11 kamar kos. Namun, tak satupun karyawan berada di tempatnya.

Arwan kesal. Namun di benaknya Arwan mengatakan, di saat saya butuh, kamu tidak ada. Maka, Arwan mengambil keputusan dan menyampaikan kepada seluruh karyawan, bahwa sejak itu semua karyawan tidak boleh lagi tinggal di kamar kos lantai tiga, tapi disewakan.

Kekesalan Arwan dipicu karena ia sendiri yang harus turun tangan mengatasi sumbatan air di saluran air. Arwan lalu menemukan potongan pembungkus shampo, rambut, dan benda lain yang memicu penyumbatan.

Setelah lantai tiga Losari Guest House lama kosong, tiba-tiba Arwan terinspirasi mengembangkan 11 eks kamar kos, menjadi sebuah hotel. Inilah cikal bakal lahirnya Hotel Losari Beach Inn.

Setelah Hotel Losari Beach Inn lahir dan berjaya, hadir lah Hotel Losari Beach, Hotel Losari Metro di Jalan Charil Anwar Makassar, Hotel Losari Blok M Jakarta, Hotel Losari Kuta Bali, Hotel Losari Roxy Jakarta, Hotel Losari Thamrin Condotel Jakarta, dan sementara dibangun Hotel Losari Blok M 2, serta Hotel Losari Kuta Sunset Bali.

Peresmian kedua gedung hotelnya, Hotel Losari Blok M2 Jakarta dan Hotel Losari Kuta Sunset, rencananya dilakukan pada 12 Desember 2012.

"Jika kedua hotel ini sudah buka, dipastikan dapat menampung sekitar 800 ratus tenaga kerja. Sehingga, saya berpartisipasi ikut mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan ketahanan nasional. Kalau pengangguran berkurang, ketahanan nasional semakin kuat," papar Arwan. (*)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved