Breaking News:

Tawaran Bisnis Laundry Kiloan dari Orchid

Sejak beberapa tahun terakhir, bisnis laundry kiloan terus menggeliat.

HERUDIN
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak beberapa tahun terakhir, bisnis laundry kiloan terus menggeliat. Pasalnya, kian banyak masyarakat, terutama di perkotaan yang tak lagi sempat mencuci serta menggosok pakaian sendiri.

Peluang ini pula yang di lirik Orchid Brand Laundry Clinique di Yogyakarta. Memulai bisnis perdana pada tahun 2011, sang pemilik langsung menawarkan kemitraan.

Setelah dua tahun, Orchid Brand kini memiliki 20 gerai laundry dan 26 agen yang tersebar di Yogyakarta, Jakarta, Depok, Batam, Samarinda, Malang, Tangerang dan Klaten. "Pusatnya di Yogyakarta," kata Dwiyanto Adi Nugroho, Kepala Marketing Orchid Brand.

Tarif jasa cuci di Orchid Brand bervariasi, sesuai dengan daerahnya. Untuk di daerah Sulawesi tarifnya bisa Rp 10.000 per kilogram (kg). Namun di Jakarta dan Yogyakarta, tarifnya cukup murah Rp 3.500 per kg.

Dwi mengklaim, jasa cuci laundry Orchid menggunakan produk kimia buatan sendiri dan sudah melalui uji kelayakan. Sedangkan untuk pengharum pakaian, Orchid Brand memiliki 40 jenis pengharum.
Antara lain beraroma Jelo (Jenifer Lopes), aroma Ola Ramlan, aroma dunhil, aroma kenzo, aroma snappy, dan lavender. "Saya kasih nama-nama artis agar lebih menarik," ujar dia.

Tertarik menjajal usaha ini? Orchid Brand menawarkan paket investasi mulai Rp 21 juta. Mitra paket ini mendapatkan bahan baku chemical serta mesin cuci, alat pengering dan training komplit selama lima hari.

Kedua paket Rp 54 juta. Paket ini juga menyediakan fasilitas sama dengan yang pertama. Namun, bedanya ada di alat pengering dengan jumlah yang berbeda.
Ketiga, paket Rp 160 juta. Fasilitas paket ini lebih lengkap dengan peralatan cuci dan bahan baku chemical 10 kilogram (kg). Bahkan disediakan juga pengering helm.

"Untuk yang ini profesional, bukan laundry rumahan," tuturnya.

Balik modal 1 tahun

Kapasitas cuci laundry kiloan Orchid Brand mencapai 45-60 kg per hari. Dengan jumlah itu, menurut proyeksi Dwi, mitra bisa meraup omzet berkisar 13,5 juta - Rp 18 juta per bulan. Dengan target laba bersih 75 persen, mitra bisa balik modal dalam 12 - 15 bulan. "Namun untuk omzet masing-masing daerah bisa berbeda, karena harganya juga kan berbeda," ucapnya.

Orchid Brand tidak mengutip royalti. Namun, mitra wajib membeli bahan baku chemical laundry dan pengharum dari pusat. "Biasanya pembelian 10 kg perbulan, harga satu kg itu 27.000," katanya.(Pratama Guitarra, Marantina)

Tags
laundry
Editor: Sanusi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved