Breaking News:

Pemilu 2014

Sektor Properti Diprediksi Bergairah Usai Pilpres

Sektor properti yang disebut-sebut melambat diprediksi segera menggeliat selepas pesta demokrasi pemilihan presiden (pilpres).

zoom-inlihat foto Sektor Properti Diprediksi Bergairah Usai Pilpres
viva.co.id
ilustrasi properti

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Eko Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Sektor properti yang disebut-sebut melambat diprediksi segera menggeliat selepas pesta demokrasi pemilihan presiden (pilpres).

Oka Kahuripan, Pimpinan LJ Hooker Indonesia menjelaskan pasar properti nasional sedang mengalami perlambatan.
Menurutnya, saat ini dari 54 kantor cabang LJ Hooker di Indonesia, pihaknya merasakan penurunan penjualan properti 35 sampai 75 persen. Namun ia yakin, fenomena tersebut segera berubah seusai pilpres.

"Sebenarnya ini sudah menjadi kebiasaan dalam menjelang pemilihan presiden, sehingga pihak perbankan, developer tidak ingin mengikuti kenaikan harga atas efek pesta politik ini, dan lebih cenderung melihat dan mengamati dahulu sembari menunggu siapa presidennya nanti," jelas Oka saat menghadiri peresmian kantor baru LJ Hooker Jambi di bilangan Talang Banjar, Senin (17/3/2014).

Baginya, pasar properti Jambi memiliki keunikan tersendiri. Jambi dikenal sebagai provinsi yang hidup melalui sumber daya di sektor perkebunan.

"Sehingga bila disangkut pautkan dengan penjualan properti menurun yang dipengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah belum terlalu besar dampaknya," ucapnya.

Bisnis broker property yang belum begitu besar serta menggeliat di Jambi, dikatakan Oka masih menjadi makanan empuk untuk broker lainnya.

Agen properti LJ Hooker sudah satu tahun terakhir hadir di Jambi.

Office Manager LJ Hooker Jambi, Bujang Kadir mengatakan, sampai saat ini penjualan properti melalui jasa LJ Hooker terbilang standar, walau mengalami perlambatan.

Namun dari yang awalnya hanya fokus memasarkan perumahan produk pengembang PT Global Pasific Sentosa (GPS), kini LJ Hooker sudah bekerjasama dengan developer lain. Dua pengembang yang kini bergabung itu PT DWA dan CitraLand NGK.

"Penjualan properti memang melambat, namun untuk penggunaan jasa, permintaannya serta kerja sama semakin besar," katanya.

Pengakuannya, saat ini penjualan tipe rumah primary alias baru mulai menjadi makanan LJ Hooker. Agen ini juga mulai mengembangkan pangsa pasarnya dengan memperluas jaringan. Bujang menyebut Kabupaten Bungo menjadi sasaran karena geliat sektor property di sana menyerupai Kota Jambi dalam investasinya.

"Saat ini kita masih fokus pengenalan brand ke vendor dan buyer, dan bila kedepannya sudah banyak mengetahui dan banyak dikenal perluasan jaringan seperti ekspansi kantor cabang di kabupaten akan kita lakukan," tandasnya.(tyo)

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved