Breaking News:

Belanja Online Dorong Bisnis Jasa Pengiriman Makin Menggeliat

Jasa pengiriman makin menggeliat belakangan ini merupakan satu diantara dampak tumbuhnya bisnis online.

zoom-inlihat foto Belanja Online Dorong Bisnis Jasa Pengiriman Makin Menggeliat
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Petugas membungkus sepeda motor yang akan dikirim melalui jasa pengiriman barang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Laporan Reporter Tribun, Bakti Buwono

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Jasa pengiriman makin menggeliat belakangan ini merupakan satu diantara dampak tumbuhnya belanja online.

Hal itu juga diakui Pengurus  Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Jateng.

Wakil ketua Asperindo Jateng, Ranudin mengakui ada peningkatan sekitar 25 persen dibanding tahun lalu pada periode yang sama.

"Kami tahu mana yang pengiriman online atau tidak dari pelanggan. Biasanya pegawai kami bertanya dan hafal mana yang corporate serta usaha online," katanya, Sabtu (3/5/2014).

Ia berujar, komoditas transaksi online bermacam-macam mulai dari fashion, handycraft hingga makanan. Komoditas terakhir yang saat ini sedang booming. Pertumbuhan pengiriman makanan berdasarkan pesanan online meningkat.

Ia menyebut beberapa makanan hasil transaksi online antara lain empek-empek palembang, gudeg jogja, bandeng juwana dan sebagainya. Pihaknya pun menerapkan one day service khusus untuk makanan.

Keterangan itu diamini oleh kepala cabang JNE Semarang, Lestari. Ia memantau dalam empat tahun terakhir, perkembangan usaha jasa pengiriman berdasar transaksi online meningkat.

Bahkan, ia menyebut pertumbuhan hingga 30 persen. "Biasanya 10 ribu shipment, sekarang bisa sampai 13 rihu shipment," tuturnya.

Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved