Rupiah Melorot, Electronic Solution dan Home Solution Pertahankan Harga

Investor cenderung menahan, menunggu hingga pemilihan Presiden sehingga makin menekan penjualan produk elektronik di Indonesia.

Rupiah Melorot, Electronic Solution dan Home Solution Pertahankan Harga
TRIBUN JABAR /GANI KURNIAWAN
Seorang pengunjung melihat-lihat berbagai merek televisi (tv) saat akan membeli di toko elektronik Benteng, Jalan ABC, Kota Bandung, Senin (16/6/2014. Menjelang dan saat berlangsungnya even akbar sepak bola Piala Dunia 2014 penjualan televisi di sejumlah toko elektronik di Jalan ABC mengalami peningkatan bervariatif 10-50 persen. Produk paling laris adalah TV-LED 24 dan 32 inci dengan harga terjangkau dari Rp 1.600.000 - Rp 5.000.000 per unit. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar dan  masa pemilu, menurut lembaga riset GFK  menyebabkan pasar industri elektronik di Indonesia secara keseluruhan turun sebesar dua  persen dibandingkan tahun lalu.

Meski rupiah terus tertekan, industri ritel Electronic Solution dan Home Solution belum berencana menaikkan harga yang dipajang di gerainya.

"Mulai bulan Februari hingga saat ini pergerakan sangat fluktuatif. Tapi karena pemasok kami sudah punya pabrik di Indonesia sehingga harga relatif stabil," kata  Head of Marketing Electronic Solution Willy Sutanto saat temu media Pasar Elektronik di Tengah Fluktuasi Kurs Rupiah yang Melemah dan Pemilhan Presiden di Jakarta, Jumat (4/7/2014).

Meski demikian, pabrik barang elektronik berencana menaikan harga ketika rupiah terus melemah sekitar 15 persen dari angka kurs awal sebelum terjadi pelemahan Saat ini nilai kurs melemah sekitar 12,3 persen.

"Mereka terus berusaha menahan untuk tidak menaikan harga, tapi kalau terus melemah mereka akan menaikkan harga karena beberapa bagian produk seperti semi konduktor masih harus diimpor," katanya.

Di sisi lain investor cenderung menahan, menunggu hingga pemilihan Presiden sehingga makin menekan penjualan produk elektronik di Indonesia.

Willy berharap, nilai tukar rupiah terhadap dollar akan kembali menguat setelah masa pemilihan Presiden RI selesai sehingga jangan sampai menaikkan harga produk.

Tags
rupiah
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved