Breaking News:

Inspirasi Bisnis

Gurihnya Budidaya Jangkrik untuk Kudapan

Selain jual mental, Bambang juga mengolah jangkrik menjadi kerupuk dengan merek Cricket Chips. Harga kerupuk dibanderol Rp 25.000 per bungkus.

Editor: Choirul Arifin
KONTAN
Selain untuk pakan burung, jangkrik juga bisa dibudidayakan untuk bahan kudapan seperti keripik dengan potensi keuntungan menggiurkan 

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON- Selama ini, jangkrik (Gryllidae) lebih dikenal sebagai bahan pakan burung atau ayam. Bila berkunjung ke kios-kios penjual burung, pasti ada jangkrik yang dijual buat pakan burung.  Namun, selain buat pakan burung, ternyata ada juga varietas jangkrik yang bisa dikonsumsi oleh manusia.

Bahkan, kini sudah beberapa pembudidaya jangkrik yang mengolah jangkrik menjadi aneka kudapan, seperti peyek, kerupuk dan lain-lain.

Itulah yang dilakukan Bambang Setiawan. Pemilik Trust Jaya Jangkrik ini membudidayakan jangkrik sejak 2010 di lahan seluas 1 hektar di Cirebon, Jawa Barat.

Bambang menjelaskan, jenis jangkrik yang bisa dikonsumsi manusia adalah varietas jangkrik kalung dan jangkrik alam.

Bambang menerangkan, varietas jangkrik ini memiliki gizi yang sangat tinggi melebihi sapi. Ada beberapa kandungan lengkap dalam jangkrik yang bisa memberi manfaat pada tubuh.

Menurut beberapa penelitian, kata Bambang, jangkrik kalung mengandung protein, asam amino, asam lemak, hormon dan kolagen.

Bambang Setiawan membanderol 1 kilogram (kg) jangkrik kalung seharga Rp 45.000-Rp 50.000.

Sedangkan harga telur jangkrik varietas jangkrik alam dihargai Rp 350.000-Rp 400.000 per kg untuk daerah Jawa. Ada pun varietas telur jangkrik kalung dibanderol Rp 325.000 per kg.

Di lahan penangkaran seluas 1 ha, Bambang bisa memproduksi 200 kg jangkrik dan 8 kg telur jangkrik yang siap budidaya per minggunya.

Selain jual mental, Bambang juga mengolah jangkrik menjadi kerupuk dengan merek Cricket Chips. Harga kerupuk dibanderol Rp 25.000 per bungkus.

Halaman
12
Sumber: Kontan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved