PLN Bawa Genset dari Langsa untuk Nias

sebanyak 23 kontainer yang membawa mesin genset berukuran besar dengan kapasitas total 12 Mega Watt (MW) telah diberangkatkan.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Upaya untuk mengatasi pemadaman yang tejadi di Pulau Nias, terus dilakukan dengan mendatangkan genset dari sejumlah wilayah.

Diantaranya dari Langsa, Aceh, sebanyak 23 kontainer yang membawa mesin genset berukuran besar dengan kapasitas total 12 Mega Watt (MW) telah diberangkatkan.

Bakal ada 23 kontainer yang tiba di Sibolga akan diseberangkan ke Pulau Nias melalui jalur laut. Genset yang dibawa berukuran besar.

"Kami prediksi akan tiba di sibolga pada Kamis malam atau Jumat dini hari, dan akan segera diseberangkan menuju Pulau Nias, namun karena mesin berukuran besar, tentu saja membutuhkan waktu untuk proses loading barang," ujar Manajer Senior Public Relation Agung Murdifi, Rabu (6/4/2016).

Agung menambahkan nantinya sesampainya di Nias, mesin akan di operasikan secara bertahap, butuh waktu 4 hari untuk mengoperasikan 5 MW dalam tahap 1, karena sebagian lahan utk mesin diperlukan persiapan.

Selain itu juga membutuhkan waktu untuk proses instalasi, pengetesan dan pengoperasian untuk masuk kedalam sistem kelistrikan yang telah ada.

"Kami harapkan pada sabtu siang keseluruhan genset sudah tiba Di Nias,” ungkap Agung.

Mobilisasi genset juga dikerahkan dari sejumlah daerah lainnya diantaranya dari PLN Area Medan dan PLN Area Padang yang diperkirakan akan tiba di Sibolga pada pukul 20.00 Wib malam ini.

Bantuan genset untuk Nias juga didatangkan dari Pekanbaru, Riau, yang saat ini tengah menyiapkan 3,8 MW genset untuk segera diterbangkan menuju Nias.

Pengiriman genset dari Jakarta sebesar 2,4 MW diprediksi akan sampai Nias pada esok hari. Kendala utama memang keterbatasan akses transportasi menuju ke Pulau Nias dan jarak yang harus ditempuh, namun PLN berupaya secepat mungkin untuk bisa mengerahkan genset guna mengatasi pemadaman.

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada warga Nias terkait pemadaman yang berlangsung dan mohon dukungannya untuk mengatasi masalah pemadaman ini”tambah Agung Murdifi.

PLN saat ini juga telah menambah cadangan bahan bakar jenis BBM dari 5 hari menjadi 10 Hari. Hal ini untuk memastikan ketersediaan bahan bakar untuk mesin diesel yang didatangkan.

Sebanyak 10 genset dengan total kapasitas 650 kVA telah tiba di Nias.

Saat ini PLN berhasil memasang, genset gelombang II sebanyak 7 genset dengan total kapasitas 600 kVA juga telah berhasil dimanfaatkan.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved