Kontroversi Tax Amnesty

Tak Sepenuhnya Tax Amnesty Bawa Angin Segar Bagi Dunia Perbankan Tanah Air

Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja memandang tidak sepenuhnya pengampunan pajak atau tax amnesty membawa angin segar te

Tak Sepenuhnya Tax Amnesty Bawa Angin Segar Bagi Dunia Perbankan Tanah Air
Tribunnews.com/ Seno Tri Sulistiyono
Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiaatmadja 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja memandang tidak sepenuhnya pengampunan pajak atau tax amnesty membawa angin segar terhadap industri perbankan Tanah Air.

"Tax amnesty itu sebenarnya macam-macam, tax amnesty yang betul-betul mendatangkan dana ke Indonesia atau hanya pemutihan aset mereka di luar," ujar Jahja, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Menurutnya, jika tax amnesty hanya memberlakukan pemutihan aset bagi orang-orang yang menyimpan uangnya di luar negeri, maka hal ini tidak berdampak terhadap perbankan nasional.

Namun, jika pengampunan pajak mampu membawa dana-dana yang sebelumnya disimpan di bank-bank luar negeri, maka dapat membantu bank di dalam negeri memperkuat modalnya dalam ekspansi bisnis.

"Kalau betul-betul membawa masuk dananya, paling tidak itu bisa menambah likuiditas di dalam negeri, tentu ini akan lebih terasa manfaatnya buat kami (bank)," tutur Jahja.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved