Breaking News:

Berkunjung ke Jepang, KEIN Bahas Kerjasama Infrastruktur dan Pangan

Pihak-pihak yang telah ditemui KEIN sejauh ini juga telah menyatakan kesiapan mereka untuk memberikan dukungan

Tribunnews.com/Yurike Budiman
Ketua KEIN Soetrisno Bachir saat melakukan kunjungan ke pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, setelah melihat perakitan mesin, uji coba air dan kebocoran oli pada Senin (9/5/2016) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) melakukan lawatan ke Jepang.

Di negeri sakura mereka bertemu dengan sejumlah pihak mulai dari federasi perusahaan-perusahaan raksasa Negeri Sakura, Keidanren hingga Japan Chamber of Commerce, Japan International Cooperation Agency (JICA) dan mantan Perdana Menteri Yasuo Fukuda.

Menurut Ketua KEIN Soetrisno Bachir, KEIN ingin mengoptimalkan kehadiran mereka di Jepang untuk menimba ilmu baru dan membangun kerjasama strategis yang bermanfaat untuk mendorong industrialisasi di Tanah Air.

Pihak-pihak yang telah ditemui KEIN sejauh ini juga telah menyatakan kesiapan mereka untuk memberikan dukungan.

“Tadi para pengusaha di Keidanren siap memberikan masukan bahkan akan langsung membentuk kelompok kerja bersama KEIN untuk membantu pengembangan industri kita terutama di bidang infrastruktur, industri agro, energi dan UMKM” kata Ketua KEIN Soetrisno Bachir dalam pernyataannya, Kamis(2/6/2016).

Sementara itu JICA menurut Soetrisno menyatakan akan masuk ke Indonesia untuk membantu proses pengembangan infrastruktur, industri pedesaan dan maritim serta pengembangan kualitas SDM.

“Kerjasama dengan JICA ini memiliki sasaran strategis yaitu peningkatan ketahanan pangan dan energi. Dan nanti untuk menindaklanjuti agar pertemuan ini menghasilkan keluaran yang konkret, akan dibentuk tim bersama dalam mengawal eksekusinya” ujar Soetrisno.

Saat pertemuan dengan mantan Perdana Menteri Fukuda, ia menyatakan rasa optimis bahwa Indonesia memiliki potensi untuk tumbuh menjadi negara dengan industri yang maju.

Fukuda juga membagikan sejumlah pengalamannya ketika merumuskan kebijakan untuk membangun industri berbasis desa.

KEIN akan berada di Jepang hingga akhir pekan ini dan dijadwalkan untuk terus bertemu dengan berbagai pemangku kepentingan bidang industri dan ekonomi di Jepang sepanjang lawatannya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved