Breaking News:

KEIN Sedang Suzun Roadmap Industrialisasi yang Berpihak ke Masyarakat Kecil

Industri saat ini jangan hanya menguntungkan para pemilik modal besar, tetapi industri juga harus dirasakan mereka yang usahanya ‎masih skala kecil

Tribunnews.com/Yurike Budiman
Ketua KEIN Soetrisno Bachir saat melakukan kunjungan ke pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, setelah melihat perakitan mesin, uji coba air dan kebocoran oli pada Senin (9/5/2016) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Sutrisno Bachir mengatakan saat ini sedang menyusun roadmap industrialisasi yang berpihak pada industri kecil.

Menurutnya, industri saat ini jangan hanya menguntungkan para pemilik modal besar, tetapi industri juga harus dirasakan mereka yang usahanya ‎masih dalam skala kecil.

"Yang sekarang kita bikin road map industrialisasi. Jangan sampai seperti sekarang perusahaan besar tidak bekerjasama dengan perusahaan kecil," kata Sutrisno di rumah dinas Ketua MPR, Jakarta, Jumat (17/6/2016).

Mantan Ketua Umum PAN itu menuturkan, saat ini pihaknya sedang mempelajari bagaimana industri di negara maju dapat pula berdampak pada industri kecil.

Menurut dia, pihaknya melakukan studi banding ke negara yang industrinya maju dan turut memajukan industri kecil seperti Jepang, Jerman dan Korea.

"Kita ambil contoh di Jepang. Perusahaan otomotifnya, Toyota turut memberdayakan industri kecil dengan menyediakan sparepart," ujarnya.

‎Masih kata Sutrisno, dalam roadmap industrialisasi itu juga akan mengatur bagaimana pembatasan mini market di daerah-daerah.

Karena menurutnya, adanya mini market yang menjamur di daerah-daerah akan mematikan usaha masyarakat kecil.

‎Adanya roadmap tersebut, lanjut Sutrisno diharapkan dapat membuat ekonomi Indonesia tumbuh sesuai target 7 persen.

Namun pertumbuhan itu hendaknya berkualitas bagi masyarakat dan tidak hanya dirasakan sebagian orang saja.

"Nanti roadmap itu bisa sebagai Keppres atau Inpress. Agustus roadmapnya akan rampung," tandasnya.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved