Breaking News:

ComScore Jadi Standar Resmi Pengukur Ranking Situs Online

Bekraf bersama lima asosiasi memilih comScore sebagai penyedia data standar pengukur audiens online di Indonesia.

Tribunnews.com/Adiatmaputra Fajar
Ketua Indonesian Digital Measurement Consortium Jerry Justianto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) bersama lima asosiasi memilih comScore sebagai penyedia data standar pengukur audiens online di Indonesia.

Selama dua tahun acuan para pengguna situs online adalah comScore.

Kelima asosiasi yang tergabung dalam Indonesia Digital Measurement Consortium ini adalah Association of Asia Pacific Advertising Media (AAPAM), Asosiasi Perusahaan Pengiklan Indonesia (APPINA), Indonesian Digital Assocation (IDA), Indonesian E-Commerce Association (idEA), dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P31).

Kelima asosiasi tersebut merepresentasikan sebagian besar ekosistem periklanan di Indonesia.

"Kami sangat senang akhirnya berhasil menentukan acuan pengukuran ini, setelah kerja keras bersama dari berbagai elemen industri," ujar Ketua Indonesian Digital Measurement Consortium Jerry Justianto di Jakarta, Senin (29/8/2016).

Sebelumnya, ComScore dan 2 kandidat lainnya telah mempresentasikan solusi masing-masing di hadapan Komite Penilai yang terdiri dari perwakilan masing-masing asosiasi.

Penilaian dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, yakni kelengkapan data, kemampuan pembuatan laporan, tingkat pelayanan, dan juga biaya.

Selama beberapa bulan ke depan, comScore akan melakukan sosialisasi kepada para anggota kelima asosiasi.

Komite juga akan melakukan pemantauan secara berkelanjutan terhadap kinerja comScore, untuk memastikan semua poin yang dicantumkan di dalam kontrak kerjasama terlaksana secara optimal.

"Tanpa adanya alat ukur yang sama untuk mengevaluasi media periklananan, validitas data tentunya diragukan, dan sulit bagi industri untuk mencapai potensi optimalnya," jelas Jerry.

ComScore merupakan perusahaan pengukuran lintas platform asal Amerika Serikat yang beroperasi di 75 negara dan telah terdaftar di indeks teknologi NASDAQ.

Dalam hal ini, comScore menyediakan solusi pengukuran untuk audiens yang mengakses situs online melalui komputer, tablet, dan telepon pintar lewat metodologi Unified Digital Measurement.

ComScore membantu pengiklan dan agensi untuk mengidentifikasi konten digital terbaik untuk meraih target audiens.

Sementara publisher mengandalkan comScore untuk memahami persaingan dan membuktikan bahwa aset digital mereka mampu meraih target audiens secara efektif.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved