PLN Pasok Listrik Pabrik Semen di Aceh

PLN Wilayah Aceh menandatangani kerjasama dengan PT Semen Indonesia Aceh terkait penyaluran tenaga listrik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PLN Wilayah Aceh menandatangani kerjasama dengan PT Semen Indonesia Aceh terkait penyaluran tenaga listrik 50 Mega Volt Ampere (MVA) untuk pabrik semen yang berlokasi di Laweung Pidie.

Rencananya pembangkit tersebut beroperasi pada 2020.

General Manager PLN Wilayah Aceh Bob Saril mengungkapkan pihaknya mampu dan siap untuk menyediakan daya listrik yang dibutuhkan oleh PT Semen Indonesia Aceh.

Selain hal tersebut, PLN Aceh mengharapkan dengan beroperasinya pabrik semen tersebut maka akan terbukanya lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja lokal.

"Untuk memenuhi kebutuhan akan daya tersebut PLN terus mengupayakan penambahan pasokan, salah satunya dengan telah dibangunnya beberapa pembangkit, misalnya, PLTA Peusangan 84 MW yang akan beroperasi secara komersial pada awal 2018," ujar Bob Saril, Jumat (16/9/2016).

Selain itu, Aceh juga telah mempunyai pembangkit Arun extension berkapasitas 250 Megawatt (MW) yang akan beroperasi secara komersial pada akhir 2017.

"Pabrik semen itu mulai berproduksi 2020 dan membutuhkan daya hingga 60 MW. Secara jaringan kita juga siap, karena lokasi pabrik semen itu nantinya tidak berjauhan dengan Transmisi 150 kilo Volt (kV)," kata imbuh Bob.

Diharapkan dengan adanya MOU antara PLN Aceh dan PT Semen Indonesia Aceh ini akan memicu pertumbuhan industri lain atau kawasan bisnis di wilayah Aceh sekaligus menghapus adanya anggapan bahwa Aceh krisis listrik.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved