PLN Buka Lowongan Kerja Besar-besaran di Sejumlah Daerah, Ini Syaratnya

"Dengan ini, diharapkan PLN dapat menjaring tenaga-tenaga kerja muda terbaik di seluruh tanah air," ujar Senior Manager Humas PLN Agung Murdifi.

PLN Buka Lowongan Kerja Besar-besaran di Sejumlah Daerah, Ini Syaratnya
KOMPAS IMAGES
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN (persero) kembali menjaring lulusan S1, Diploma IV (D-IV) dan Diploma III (D-III) melalui Rekrutmen Umum tahun 2016.

Rekrutmen dibuka di tujuh lokasi yaitu  Medan, Padang, Jakarta, Palembang, Banjarmasin, Surabaya, dan Makassar.

"Dengan ini, diharapkan PLN dapat menjaring tenaga-tenaga kerja muda terbaik di seluruh tanah air," ujar Senior Manager Humas PLN Agung Murdifi, Senin (3/10/2016).

Rekrutmen tingkat S1/D-IV dibuka untuk jurusan Teknik Elektro, Elektronika, Teknik Industri, Manajemen, Manajemen SDM, Manajemen Perusahaan, Manajemen Pemasaran, Administrasi Niaga, Administrasi Bisnis, Administrasi Perkantoran, Hukum, Akuntansi, Administrasi Keuangan, dan Manajemen Keuangan.

Sementara tingkat D-III dibuka untuk jurusan Teknik Elektro, Elektronika, Manajemen, Manajemen SDM, Manajemen Perusahaan, Manajemen Pemasaran, Administrasi Niaga, Administrasi Bisnis, Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Administrasi Keuangan, dan Manajemen Keuangan. Jurusan yang dibuka sama antar lokasi rekrutmen.

Untuk menjaring tenaga kerja muda unggulan, para pelamar kerja akan melewati serangkaian seleksi, yakni Seleksi Administrasi, Tes Kebugaran/Tes Endurance, Tes Akademik, Tes Psikologi, Tes Kesehatan, Wawancara, dan Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Prajabatan. Seluruh tahap seleksi dilakukan di lokasi rekrutmen. Pelamar yang lolos dalam rekrutmen ini akan ditempatkan di wilayah kerja PLN yang membutuhkan pegawai.

“Penyelesaian pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW pada 2019 perlu didukung oleh sumber daya manusia yang banyak dan mumpuni," kata Agung.

Periode pendaftaran dibuka pada 3-16 Oktober 2016. Pelamar dapat melakukan pendaftaran secara online di rekrutmen.pln.co.id. PLN menghimbau agar pelamar berhati-hati terhadap penipuan informasi rekrutmen. PLN tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi yang diselenggarakan PLN.

Selain itu, tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi. Informasi pendaftaran dan pengumuman rekrutmen PLN dapat dilihat pada situs resmi pln.co.id.

Tahun ini PLN berencana merekrut tenaga kerja secara besar-besaran, yakni sekitar 5.558 pegawai baru. Jumlah ini lebih besar dari jumlah rekrutmen pegawai tahun-tahun sebelumnya. Hal ini guna memperkuat sisi SDM PLN dalam rangka mengejar target rasio elektrifikasi pada 2019 yang sebesar 99,8 persen.

Hingga saat ini, jumlah pelanggan PLN secara nasional mecapai lebih dari 62 juta. Sementara angka rasio elektrifikasi sampai dengan tahun 2015 masih 88,3 persen.

Untuk mempercepat peningkatan rasio elektrifikasi, pemerintah pun mencanangkan program pembangunan pembangkit 35.000 MW beserta jaringan transmisi 46.000 kms dan Gardu Induk 108.000 MVA hingga 2019. Oleh karena itu, PLN perlu menambah dan meningkatkan tenaga-tenaga kerja terbaik yang dapat mendukung realisasi program tersebut.

"PLN membutuhkan banyak bibit unggul mulai dari lulusan SMA/SMK hingga S2 untuk bersama-sama PLN menerangi nusantara dan membangun Indonesia yang lebih baik," kata Agung.

Selama 2016, PLN telah mengangkat 3.639 pegawai baru dari jenjang SMA/SMK hingga S2. Rekrutmen dilakukan secara bertahap dan saat ini sudah mencapai 72 persen dari target tahun ini. Pada Desember 2016, diharapkan rekrutmen pegawai sudah mencapai 101 persen.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved