Awal Pekan, Rupiah Dibuka Menguat ke Level Rp 13.059 Per Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan awal pekan ini, Senin (17/10/2016) bergerak di zona hijau.

Awal Pekan, Rupiah Dibuka Menguat ke Level Rp 13.059 Per Dolar AS
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi: Suasana penukaran uang tidak layak edar, di Bank Indonesia, Jakarta, Senin (6/6/2016). BI meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layak edar dengan uang baru sehingga uang yang beredar di masyarakat berkualitas tinggi dengan syarat, uang asli, masih tersisa minimal 2/3 bagian dari bentuk uang tersebut dan masih terdapat nomor seri. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -‎ ‎Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan awal pekan ini, Senin (17/10/2016) bergerak di zona hijau.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka menguat 14 poin ke level Rp 13.059 dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya Rp 13.073 per dolar AS.

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan, setelah sempat terdepresiasi cukup dalam pada perdagangan sebelumnya, laju rupiah mampu berbalik menguat.

"Penguatan rupiah terjai di tengah pelemahan mata uang Asia Tenggara lainnya terhadap dolar AS," ucap Reza.

Pergerakan rupiah yang anomali tersebut disebabkan adanya pandangan para pelaku pasar yang menilai inflasi Indonesia pada Oktober diperkirakan stabil dan diikuti perbaikan data-data ekonomi serta ekspektasi akan progres pembangunan infrastruktur.

‎"Kini rupiah cenderung bergerak menguji level resisten di area Rp 12.996 dan support Rp 13.057 per dolar AS," ucap Reza.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved