Kementerian PUPR Ajak Perkumpulan Petani Bangun Irigasi

Kegiatan akan dipusatkan di Kabupaten Bantul, Yogyakarta dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Kementerian PUPR Ajak Perkumpulan Petani Bangun Irigasi
youtube
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meninjau proyek irigasi di Kelurahan Kappuna, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jumat (2/9/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan meluncurkan program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) bidang PUPR bersamaan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di 10 lokasi serentak pada 15 November 2016 mendatang.

Kegiatan akan dipusatkan di Kabupaten Bantul, Yogyakarta dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Sembilan lokasi lainnya yang akan menjadi tempat peluncuran Germas adalah Bogor, Pandeglang, Batam, Jambi, Surabaya, Pare-pare, Purbalingga, Padang Pariaman dan Madiun.

”Program ini bertujuan menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan masyarakat,” ujar Sekretaris Ditjen Sumber Daya Air Lolly Martina Martief, Minggu (13/11/2016).

Di tahun ini, terdapat 900 lokasi di 739 daerah irigasi yang tersebar di 542 kecamatan. Kementerian PUPR menyiapkan total anggaran sebesar Rp 180 miliar untuk program P3-TGAI tersebut.

Sementara untuk tahun 2017 rencananya ada di 3.000 lokasi dengan anggaran sebesar Rp 600 miliar. Semua lokasi ini berdasarkan usulan dari P3A nya.

"Untuk penetapan lokasi berdasarkan Permen PUPR,” papar Lolly Martina.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved