Breaking News:

Kebijakan BI Soal UMKM Bawa Angin Segar pada Sektor Riil

Sektor UMKM dinilai Arif mampu menjadi penggerak roda perekonomian nasional di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Arif Budimanta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) melihat langkah Bank Indonesia yang mengimbau perbankan menyalurkan kredit ke sektor UMKM setidaknya 15 persen pada 2017, dapat menggerakan perekonomian sektor riil.

"Ini sangat baik karena kebijakannya (Bank Indonesia) sangat bermanfaat untuk menggerakkan sektor riil dan berguna bagi rakyat kecil," ujar Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Sektor UMKM dinilai Arif mampu menjadi penggerak roda perekonomian nasional di tengah ketidakpastian ekonomi global, di mana perusahaan pemula atau start up di dalam negeri terus berkembang pesat.

Menurut Arif, UMKM selama ini juga banyak bergerak sebagai industri penunjang dalam suatu suplai manajemen sistem bagi Industri yang mapan di Indonesia.

Sehingga diharapkan, pembiayaan UMKM dapat diarahkan untuk sektor-sektor produksi yang berbasis komoditi konsumsi pangan.

"Ini yang penting sebetulnya, karena selama ini seperti yang kita lihat, Indonesia masih melakukan impor beras dan gula jika pasokan keduanya kurang di dalam negeri," ujarnya.

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia Ikhsan Ingratubun menuturkan, kebijakan yang dilakukan BI tersebut didasari untuk menopang perekonomian di Indonesia, di mana sektor UMKM mampu bertahan disaat sektor-sektor lain mengalami pelemahan.

"Memang perbankan harus berada di sektor ini (UMKM) yang bisa menjaga pilar-pilar ekonomi bangsa. Jadi sektor ini lah yang bisa mengangkat perekonomian dan pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Ikhsan.

Ikhsan melihat, sektor UMKM bisa tumbuh positif setidaknya 25 persen seiring adanya kebijakan tersebut dan akhirnya masyarakat kelas menengah ke bawah yang ikut bekerja di sektor tersebut maka kesejahteraannya akan membaik.

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved