BSN Gelar Fun Bike Rayakan Hari Konsumen Nasional: Edukasi Pentingnya Pakai Sepeda Ber-SNI

Diketahui, BSN telah menetapkan SNI 1049:2008 untuk Sepeda. SNI sepeda ini ditetapkan dengan batasan-batasan persyaratan keselamatan

BSN Gelar Fun Bike Rayakan Hari Konsumen Nasional: Edukasi Pentingnya Pakai Sepeda Ber-SNI
ISTIMEWA
Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya mengikuti kegiatan fun bike dalam rangkaian Hari Konsumen 2017 pada, Minggu (14/5/2017) kemarin. Fun Bike ini jadi media edukasi dan sosialisasi terkait pentingnya mengunakan produk berstandar nasional, utamanya dalam kegiatan ini, sepeda yang berstandar nasional. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Standardisasi Nasional (BSN) menggelar kegiatan fun bike dalam rangkaian Hari Konsumen 2017 pada, Minggu (14/5/2017) kemarin.

Acara ini diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta dari kalangan komunitas pesepeda, pemuda, siswa, blogger dan keluarga.

Fun Bike ini dimulai pukul 06.30 WIB, mengambil start dan finish di depan Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) II di Jalan MH Thamrin No.8, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Rute yang dilalui para peserta sejauh 14 kilometer itu melewati Gedung BSN – Bundaran Patung Kuda – Bundaran Hotel Indonesia – Jalan Sudirman – Patung Pemuda – depan FX Sudirman – dan kembali lagi ke Gedung BSN.

Acara kemudian dimeriahkan berbagai doorprize, hiburan menarik, dan pameran produk bersertifikat SNI serta deklarasi menggunakan produk-produk ber-SNI.

Doorprize utama antara lain 4 (empat) buah sepeda Polygon dan 2 (dua) voucher berlibur di kapal pesiar.

Sebagai kegiatan untuk memperingati hari konsumen 2017, maka kegiatan Fun Bike BSN 2017 ini sekaligus jadi media edukasi dan sosialisasi terkait pentingnya mengunakan produk berstandar nasional, utamanya dalam kegiatan ini, sepeda yang berstandar nasional.

Menurut BSN, sesuai Rapat Koordinasi Terbatas tentang Perlindungan Konsumen (21/3/2017) di mana Presiden Joko Widodo telah menegaskan pentingnya perlindungan terhadap konsumen secara efektif, yakni menurut Presiden, negara melalui pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan perlindungan pada warga negaranya, agar aman, selamat, dan sehat serta sesuai fungsi atau manfaat yang dibutuhkan.

Dalam kaitan itu, menurut Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas BSN, Budi Rahardjo, melalui kegiatan santai semacam bersepeda bersama, BSN dapat mengkampanyekan pentingnya membeli dan menggunakan produk sepeda ber-SNI.

“SNI Sepeda Roda Dua telah diberlakukan secara wajib oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Perindustrian No. 114/M-IND/PER/10/2010. Sekarang tinggal kita mengedukasi konsumen, agar ketika membeli sepeda, harus cermat bahwa sepeda yang dibelinya sudah ber-SNI”, ujar Budi dalam keterangan pers.

Halaman
123
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved