Breaking News:

Cegah Longsor Lagi, Kementerian PUPR Perkuat Lereng Jalan Raya Sentani

"Penanganan pencegahan merupakan upaya untuk mengurangi resiko longsor pada tebing jalan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Tribunnews.com/Nicolas Manafe
Menteri PU PR Basuki Hadimuljono di Istana kepresidenan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah meninjau proyek penanganan tebing di sepanjang Jalan Raya Sentani KM 21 sd 22. Pekerjaan ini merupakan salah satu upaya pemerintah memperkuat tebing dan menghindari terjadinya longsor.

"Penanganan pencegahan merupakan upaya untuk mengurangi resiko longsor pada tebing jalan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jumat (8/9/2017).

Basuki menjelaskan biasanya ketika longsor tebing jalan baru dibersihkan. Namun sekarang pemerintah mencoba mengantisipasi agar tidak lagi terjadi longsor.

"Antara lain dengan inovasi teknologi atau ilmu keteknikan, seperti pemasangan shotcrete dan jaring baja penahan batu," jelas Basuki.

Baca: Bappenas: Ekonomi Indonesia Tumbuh Tapi Belum Diikuti Pemerataan

Menteri Basuki mengatakan Kementerian PUPR bertanggungjawab atas keselamatan dan keamanan pengguna jalan. Untuk itu Menteri Basuki menugaskan Pusjatan Balitbang untuk turun mengawal pelaksanaan proyek ini.

Baca: Boy Thohir Investor Baru di Marketplace RajaMobil.com

"Kita harus memberikan solusi teknologi untuk menghindari terjadinya longsor, bukan membersihkan longsoran di jalan raya," kata Basuki.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved