Pelindo I dan Pelindo III Kerjasama Bisnis Jasa Kepelabuhanan

PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) dan PT Pelabuhan Indonesia 3 (Persero) bersinergi dalam pengembangan bisnis jasa

Pelindo I dan Pelindo III Kerjasama Bisnis Jasa Kepelabuhanan
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Kawasan pembangunan Makassar New Port (MNP) yang terekam menggunakan kamera drone di Jl Sultan Abdullah Raya, Kaluku Bodoa, Tallo, Makassar, Sulsel, Minggu (20/8). Makassar New Port merupakan salah satu infrastruktur pelabuhan yang dibangun PT Pelindo IV dan masuk dalam daftar Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional yang berada di Indonesia timur. Untuk tahapan 1A Proyek yang dikerjakan sejak tahun 2015 lalu telah mencapai kemajuan sekitar 30 persen yang ditargetkan rampung hingga 2018. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -‎ PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) dan PT Pelabuhan Indonesia 3 (Persero) bersinergi dalam pengembangan bisnis jasa dan pemasaran pelayanan jasa pemanduan di perairan Selat Malaka-Selat Singapura.

Direktur Utama Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana mengatakan, perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk pengembangan bisnis jasa kepelabuhanan dan jasa terkait kepelabuhanan lainnya dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki kedua belah pihak.

Untuk mewujudkan sinergitas dalam pengembangan bisnis jasa kepelabuhanan tersebut, kata Bambang, Pelindo 1 juga menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Pelindo Marine Services yang merupakan anak usaha Pelindo 3 tentang kerjasama pemasaran pelayanan jasa pemanduan di Perairan Selat Malaka Selat Singapura.

"Kerjasama ini diharapkan mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh kedua belah pihak baik dalam hal pelayanan kinerja maupun SDM untuk menghadapi perkembangan bisnis," ujar Bambang, Jakarta, Jumat (3/11/2017).

Direktur Utama Pelindo 3, IG.N. Askhara Danadiputra menambahkan, kerjasama ini diharapkan dapat dikembangkan secara berkelanjutan, sehingga mampu meningkatkan daya saing BUMN baik di tingkat nasional maupun internasional dan dapat menurunkan biaya logistik nasional.

"Pelindo 3 membuka diri dan mencari peluang untuk terus bekerjasama dengan BUMN lainnya," ucapnya.

Baca: Aufar Hutapea Siaga Bantu Olla Ramlan Urus Bayinya, Kecuali untuk Urusan yang Satu Ini

Ruang lingkup perjanjian kerjasama pengembangan bisnis jasa kepelabuhanan dan jasa terkait kepelabuhanan di lingkungan Pelindo 1 dan Pelindo 3, mencakup pengembangan, pengoperasian, investasi, penyertaan modal pada pelabuhan-pelabuhan di wilayah kerja.

Kemudian pemanfaatan kegiatan usaha yang menjadi bidang usaha Pelindo 1 dan Pelindo 3 beserta anak perusahaannya, program peningkatan kapasitas pegawai berupa pelatihan, pertukaran pegawai, dan bantuan teknis serta penyediaan layanan kerjasama lain.

Kemudian untuk ruang lingkup perjanjian kerjasama pemasaran pelayanan jasa pemanduan di Perairan Selat Malaka Selat Singapura.

Kerjasama  mencakup pemasaran jasa pelayanan pemanduan untuk kapal-kapal keagenan PT Pelindo Marine Services atau kapal-kapal pihak lain yang dipasarkan oleh PT Pelindo Marine Services, penyediaan sarana dan prasarana pemanduan, peyediaan personil pandu yang berkompeten, serta pengurusan perizinan dari instansi atau departemen terkait.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved