Breaking News:

Menko PMK: Sinergi Antara Pemerintah dengan Swasta Sangat Dibutuhkan dalam Pembangunan SDM

Pemerintah menilai sinergi dengan swasta sangat strategis dalam mempercepat pembangunan nasional, termasuk dalam mempersiapkan SDM handal.

Ist/Tribunnews.com
Menko PMK Puan Maharani membuka Rapimnas Kadin 2017 di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (14/12/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Pemerintah menilai sinergi dengan swasta sangat strategis dalam mempercepat pembangunan nasional, termasuk dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

Hal tersebut dikarenakan kapasitas APBN hanya mencapai 15% dari PDB. Sementara 85% PDB lainnya bersumber dari kegiatan perbankan, ekonomi kerakyatan, industri termasuk swasta.

Di hadapan pengurus Kadin dan peserta Rapimnas Kadin 2017 yang berlangsung di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, pembangunan nasional membutuhkan gotong royong dari semua pihak.

"Diperlukan sinergi antara pemerintah dan swasta dalam mempercepat capaian kemajuan pembangunan nasional, khususnya pembangunan SDM," ujar Menko PMK Puan Maharani saat menjadi keynote speech sekaligus membuka Rapimnas Kadin 2017 di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (14/12/2017).

Baca: Menko PMK Bagikan PMT dan PKH di Kota Batam

Dijelaskannya, hingga kini untuk memperkuat ketahanan keluarga, Pemerintah memperluas jangkauan Program Keluarga Harapan menjadi 6 Juta Keluarga. Pada tahun 2018 misalnya, akan terus diperluas menjadi 10 Juta Keluarga.

Adapun Pembangunan Desa, diarahkan untuk dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat: Pembangunan Akses Air Bersih, PAUD, Posyandu, dan Polindes.

Di 2018, optimalisasi pemanfaatan dana desa akan diarahkan pada Kegiatan Padat Karya (difokuskan pada 1000 Desa di 100 Kabupaten/Kota) 2018 dengan total anggaran 60 triliun.

Sementara, dalam pelayanan ibadah haji, pemerintah terus meningkatkan pelayanannya. Selama 3 tahun terakhir, indeks kepuasan terus meningkat seiring dengan berbagai perbaikan fasilitas (pemondokan hotel bintang 3, hotel berdekatan dengan Masjidil harom, dlsb).

Menko PMK memaparkan di bidang Pemberdayaan Rakyat dilakukan melalui Revitalisasi Vokasional, yang dilaksanakan melalui 3 jalur yakni  pertama revitalisasi SMK yang saat ini telah dilakukan kerjasama antara 415 industry dan 1245 SMK, dan dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalitas angkatan kerja Indonesia.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved