PLT Bayu Terbesar di Asia Tenggara di Sindereng Rappang Selesai Dibangun

Sebanyak 25 WTG telah berhasil diselesaikan, sisanya dipastikan akan selesai pada pertengahan februari nanti

PLT Bayu Terbesar di Asia Tenggara di Sindereng Rappang Selesai Dibangun
KOMPAS IMAGES
Sofyan Basyir 

Laporan Wartawan Tribunnews Adiatmaputra Fajar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap di Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sindereng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan, mencapai 90% persen.

Dari target 30 Wind Turbin Generator (WTG), sebanyak 25 WTG telah berhasil diselesaikan, sisanya dipastikan akan selesai pada pertengahan februari nanti.

"PLTB Sidrap merupakan PLTB terbesar di Asia Tenggara yang masuk dalam program 35.000 MW," ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka, Senin (15/1/2018).

Sementara itu Direktur Utama PLN Sofyan Basyir menjelaskan bahwa PLN mengawasi tiap detail progres pembangunan, untuk memastikan PLTB pertama program 35.000 MW ini bisa selesai sesuai target dengan kualitas yang bagus.

"Dalam pembangunanya PLTB Sidrap menggunakan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) mencapai 40 persen dan berhasil menyerap tenaga kerja lebih dari 500 pekerja," kata Sofyan.

PLTB Sidrap memiliki kapasitas 75 MW. PLN pun memproyeksikan mampu melistriki 70.000 pelanggan di Sulsel dengan daya listrik rata-rata 900 VA.

Baca: Pelayanan Kantor PLN Area Tanjungpriok Dipindah ke samping Kantor Wali Kota

PLTB Sidrap merupakan pembangkit tenaga angin pertama dan terbesar di Indonesia yang memanfaatkan lahan kurang lebih 100 hektar.

Dengan adanya PLTB tersebut tentunya akan memperkuat sistem kelistrikan di Sulawesi Selatan sehingga cadangan daya sistem Sulsel sebanyak 500 MW di tahun 2018.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved