Breaking News:

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Dimulai Mei 2018

Budi Karya Sumadi menargetkan konstruksi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan dimulai pada Mei 2018

Apfia Tioconny Billy
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah mempercepat penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan konstruksi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan dimulai pada Mei 2018. Saat ini sudah ada pembangunan tahapan awal yang sudah mencapai 10 persen.

"Sebenarnya sekarang sudah mulai ya, tapi yang minor. Konstruksi akan masal pada bulan Mei," ucap Budi Karya Sumadi di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2018).

Mantan Direktur PT Jaya Ancol itu menjelaskan tahapan awal pembangunan yang sekarang sedang berlangsung adalah pembersihan jalur (land clearing) dan pembuatan panel untuk persinyalan.

"Ya sekarang sudah mulai land clearing, sudah mulai panel juga," ucap Budi Karya.

Selain itu Budi menyebutkan hingga Februari 2018 pembebasan lahan untuk jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 54 persen yang ditargetkan selesai pada April 2018.

"Sebenarnya secara legal kalau sudah mencapai 53 persen berarti sudah mulai jadi tinggal beberapa hal tentang izin minor saja," ungkap Budi Karya.

Proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung nantinya akan digarap oleh PT Kereta Api Cepat Indonesia Cina (KCIC).

Sesuai namanya proyek ini memang merupakan antara konsorsium BUMN Indonesia dan Cina yang skema pembiayaannya masih dibahas oleh pemerintah.

Rencananya proyek yang akan menciptakan waktu tempuh Jakarta-Bandung tidak sampai satu jam ini akan beroperasi pada awal tahun 2020.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved