Pramugari Cathay Pacific Akhirnya Boleh Kenakan Celana Panjang

Cathay Pacific dan Cathay Dragon akan memberikan opsi bagi semua pegawai wanitanya yang berseragam untuk mengenakan celana panjang

Pramugari Cathay Pacific Akhirnya Boleh Kenakan Celana Panjang
wikimedia.org
Cathay Pacific 

TRIBUNNEWS.COM, HONGKONG - Maskapai penerbangan Cathay Pacific dan Cathay Dragon akan memberikan opsi bagi semua pegawai wanitanya yang berseragam untuk mengenakan celana panjang.

Ini adalah langkah pertama perubahan yang dilakukan Cathay Pacific dalam lebih dari 70 tahun sejarahnya.

Mengutip South China Morning Post, Jumat (30/3/2018), pembicaraan untuk mengakhiri aturan yang hanya memperbolehkan pegawai wanita mengenakan rok sukses dilakukan antara pihak Cathay Dragon dan serikat pekerja kru kabin.

Baca: Perkuat Pertahanan, Boeing Pasok Jet Tempur untuk Kuwait Senilai 1,2 Miliar Dolar

Adapun staf frontline dan staf darat Cathay Pacific dan Cathay Dragon juga boleh mengenakan celana panjang. Awal bulan ini, serikat pramugari Cathay Dragon menuntut diperbolehkannya mengenakan celana panjang saat bekerja. Permintaan publik pun muncul, meminta kru wanita diperbolehkan mengenakan celana panjang.

"Perusahaan setuju untuk mempertimbangkan opsi seragam celana panjang untuk kru wanita. Ini akan berlaku pada pembaruan seragam berikutnya," tulis Asosiasi Kru Kabin Hong Kong Dragon Airlines dalam pernyataannya.

Juru bicara Cathay Pacific pun menyatakan ada kesepakatan yang dicapai mengenai opsi seragam celana panjang.

"Kami senang bahwa telah tercapai kesepakatan mengenai masalah yang mengemuka ini," ujar pihak maskapai.

Pihak Cathay Pacific menyatakan, adalah sebuah hal yang penting bahwa pegawai tak hanya merasa bangga mengenakan seragam maskapai, namun juga merasa nyaman dan berdaya untuk menjalankan tugas sesuai kemampuan mereka.

Cathay Pacific dan Cathay Dragon bergabung dalam jajaran maskapai lainnya di Asia yang memperbolehkan pramugari mengenakan celana panjang. Maskapai lainnya adalah Korean Air dan Asiana, keduanya adalah maskapai asal Korea Selatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertama dalam 70 Tahun, Pramugari Cathay Pacific Boleh Kenakan Celana Panjang"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved