Breaking News:

Bulog akan Jajakan Sembako via Situs e-Commerce

Perum Bulog berencana mengembangkan bisnis online untuk memperdagangkan berbagai komoditas pangan.

Tribunnews/JEPRIMA
Seorang pekerja saat mengangkat beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (27/2/2018). Harga akhir beras di tingkat konsumen berada di atas Rp 10 ribu per kilogram harga ini masih lebih tinggi dibanding Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras medium yang ditetapkan pemerintah, yakni Rp 9.450 per kilogram. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perum Bulog berencana mengembangkan bisnis online untuk memperdagangkan berbagai komoditas pangan.

Bulog pun akan membuat situs sendiri khusus untuk bisnis online ini.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog Imam Subowo mengatakan, saat ini penjualan secara online ini baru dilakukan di Bukalapak. Namun, komoditas yang dijual hanya gula saja.

“Sementara masih di Bukalapak, kami akan perluas. Nanti kami akan ada pasar sendiri di website sendiri. Itu masih dalam proses,” ujar Imam, Rabu (6/6).

Imam menyampaikan, proses kajian untuk memasuki bisnis online ini akan diselesaikan di semester II tahun ini.

Meski memasuki bisnis online, Imam mengatakan outlet Bulog seperti Rumah Pangan Kita (RPK) tetap diberdayakan. “Jadi kalau ada yang belanja, pemesanan akan dikirim RPK terdekat, costnya akan lebih murah,” ujar Imam.

Menurut Imam, dana yang dianggarkan untuk membangun bisnis online ini, seperti membuat website atau tenaga kerja tidaklah besar.

Baca: Kerennya Snekaers Nike Bertuliskan Bahasa Arab Dusk to Tawn

“Yang besar itu kesiapan mengubah sistem secara menyeluruh. Kami akan bangun sistem enterprises process planning (erp). Supply chain kita bangun benar-benar andal sehingga akses setiap saat lancar. Ini butuh waktu,” tambah Imam.

Imam menambahkan, saat ini konsep website yang dimiliki oleh Bulog masih sekadar memberikan informasi bukan untuk transaksi. Imam bilang, Bulog harus bergerak ke arah tersebut.

Rencananya, bisnis online ini akan dimulai pada triwulan keempat tahun ini atau sekitar Oktober 2018.

Berita ini sudah tayang di kontan berjudul Bulog siapkan e-commerce jual bahan pangan

Sumber: Kontan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved