Kementerian Pertanian Kembali Dapat Predikat WTP dari BPK

Ini merupakan kali kedua kementerian yang dipimpin Amran Sulaiman tersebut mendapatkan opini WTP dari BPK.

Kementerian Pertanian Kembali Dapat Predikat WTP dari BPK
TRIBUNNEWS/APFIA
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kepada Kementerian Pertanian atas laporan keuangan kementerian ini tahun 2017. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kepada Kementerian Pertanian atas laporan keuangan kementerian ini tahun 2017.

Ini merupakan kali kedua kementerian yang dipimpin Amran Sulaiman tersebut mendapatkan opini WTP dari BPK. Opini WTP juga didapatkan pada Laporan Keuangan Kementerian Pertanian 2016 lalu.

"Pak Amran alhamdulillah, kementan dapat mempertahankan posisi yang dicapai WTP, selamat kepada Pak Menteri semua jajaran yang bekerja keras semua," ungkap Anggota IV BPK Rizal Djalil di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).

BPK memberikan saran kepada Kementan untuk lebih memperbaiki dalam sistem pengumpulan data pencapaian seperti data mengenai aset, data harga, data perluasan tanah meksipun saat ini sudah ada data dari Badan Pusat Statistik.

"Menjadi sangat penting situasi seperti ini kita akan mencapai data kementerian dan BPS dan kami mendukung untuk melakukan revitaliasa sdm dan dana," ungkap Rizal.

Baca: Kasus 1MDB, Gubernur Bank Sentral Malaysia Mundur

Ditemui di kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebutkan pihaknya akan segera melaksanakan saran dari BPK untuk membuat sistem data khusus.

"Supaya upaya pusat data pertanian yang sangat canggih, akan lebih kita tingkatkan lagi kemampuanya daam memantau luas lahan luas panen secara periodik," tutur Amran.

Atas opini WTP ini, Amran mengapresiasi kinerja anak buahnya dan mengajak para karyawannya untuk bekerja lebih baik lagi.

"Kami ucapkan trimakasih sejarah baru bagi pertanian dari 2 tahun terbentuk kebanggaan, semua hasil kerja keras kita," kata Amran.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved