Ombudsman RI: Layanan Contact Center Ujung Tombak Perusahaan Agar Dekat dengan Pelanggan

“Kehadiran contact center atau call center apapun bentuknya, merupakan roh dari layanan,” ungkap Komisioner Ombudsman RI, Dadan S Suharmawijaya

Ombudsman RI: Layanan Contact Center Ujung Tombak Perusahaan Agar Dekat dengan Pelanggan
KOMPAS IMAGES
Layanan call center amat dibutuhkan di perusahaan yang produk barang dan jasanya menjadi hajat hidup masyarakat luas. Seperti di SPBU Pertamina, jika terjadi keluhan pelanggan terkait layanan SPBU, maka aduan masyarakat akan diarahkan ke manajemen Pertamina. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Layanan call center atau contact center kini hadir di hampir semua perusahaan yang bergerak di berbagai sektor industri barang dan jasa.

Call center sudah menjelma menjadi ujung tombak dan bagian dari dari layanan yang harus disediakan perusahaan agar terus bisa mendekatkan diri ke pelanggan.

Melihat begitu strategisnya peran layanan call center ini, unit ini hendaknya tidak diposisikan sebagai tambahan pekerjaan bagi pemlik perusahaan.

“Kehadiran contact center atau call center apapun bentuknya, merupakan roh dari layanan,” ungkap Komisioner Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Dadan S Suharmawijaya, baru-baru ini.

Sebagai pimpinan lembaga yang bertugas melakukan pengawasan layanan publik,

Dadan menilai, melalui penyediaan layanan pengaduan, perusahaan bisa memperoleh berbagai masukan dari masyarakat sebagai konsumennya.

Selanjutnya, berbagai masukan dan keluhan yang masuk tersebut digunakan sebagai salah satu acuan memperbaiki kekurangan, sekaligus untuk meningkatkan kualitas layanan.

“Jika pengaduan masyarakat dikelola dengan baik, institusi atau perusahaan seperti Pertamina akan mendapat masukan untuk peningkatan kualitas produk atau layanan yang diberikan,” ungkap Dadan.

Kecenderungan semacam itu, menurut Dadan, bisa dilihat dari berbagai negara yang sudah maju.

Di negara-negara tersebut, pengelolaan pengaduan memiliki beberapa fungsi, di antara fungsi pengaduan itu sendiri, fungsi informasi, dan fungsi interaksi layanan.

Baca: Gandeng Grup Blue Bird, Produsen Truk Rusia Kamaz Trucks Siap Masuk Pasar Indonesia

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved