Diskon Besar-besaran di Harbolnas, Ini Tanggapan Peritel

Aprindo menilai perhelatan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11 November 2018 bukan menjadi kekhawatiran,

Diskon Besar-besaran di Harbolnas, Ini Tanggapan Peritel
net
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menilai perhelatan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11 November 2018 bukan menjadi kekhawatiran, meski menawarkan potongan harga besar-besaran.

Anggota Aprindo yang juga Vice President Corporate Communications Transmart Carrefour, Satria Hamid kepada Tribunnews.com, menyampaikan, minat masyarakat yang tinggi untuk berbelanja secara daring memang menjadi tantangan bagi pelaku ritel.

Baca: Sandiaga: Setiap Kali Ada Politisi Bicara Kasar, Kita Cabein Mulutnya

Sehingga, pengusaha perlu berinovasi agar konsumen tetap tertarik datang ke toko fisik. Sebab, menurutnya, beberapa barang - barang yang dijual di toko daring juga ada dijual di ritel konvensional.

Ia juga menilai, adanya perhelatan Harbolnas 11.11, bagi pelaku ritel, bisa dimanfaatkan dengan membuat kegiatan yang bisa menarik konsumen tersebut berbelanja di toko ritel.

“Kita melihatnya (Harbolnas) itu entitas masing-masing mengejar sales, ritel offline bagaimana dapat tetap memberikan nuansa baru untuk tertarik datang ke toko, kita menyiasati bagaimana bisa andil di event mereka untuk bisa masuk konsumen ke kita,” kata Satria Hamid, Senin (12/11/2018).

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memprediksi, pertumbuhan ritel pada kuartal terakhir tahun ini bisa mencapai 11 —12. Hal itu, akan disumbang oleh konsumsi masyarakat menjelang Natal dan tahun baru yang bisa mengerek pertumbuhan penjualan ritel.

Pada triwulan kedua, tercatat, sektor ritel tumbuh 15 persen karena didongkrak momen Lebaran. Sementara, triwulan ketiga ritel tumbuh 7 persen.

“Tren pertumbuhan triwulan keempat cenderung ke arah positif, tentunya kita lihat pemerintah melihat ritel offline langsung meyumbang peamsukan pajak pemerintah,” kata Satria.

Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved