Breaking News:

Tahun Depan, PUPR Revitaliasi Sungai Kalimalang Seperti di Seoul

"Kami bikin rekayasa teknik untuk estetika yang lebih baik, nanti beliau (Ridwan Kamil) yang mendesain. 2019 akan saya kerjakan,” ungkap Basuki

Tribunnews.com/Syahrizal Sidik
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan merevitalisasi Sungai Kalimalang di Bekasi, Jawa Barat tahun depan.

Saat menghadiri acara peringatan Hari Bakti PU ke-73 di pelataran Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/12/2018), Basuki mengungkapkan rencananya, revitaliasi sungai itu akan dipercantik seperti halnya Sungai Cheyonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Baca: Pemerintah Kabupaten Bekasi Akan Tertibkan Bangunan Liar di Inspeksi Kalimalang

Menurut Basuki, revitalisasi sungai di timur ibukota itu akan didanai dari pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Kementerian PUPR dan APBD Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 40 miliar - Rp 50 miliar melalui hibah penataan kawasan dan tata rung.

Basuki mengatakan, Sungai Kalimalang juga merupakan saluran yang dibangun untuk memasok air baku dari Waduk Jatiluhur, Purwakarta untuk nantinya dialirkan ke masyarakat Jakarta.

“Beliau (Ridwan Kamil) mempunyai ide (merevitalisasi), kita bikin rekayasa teknik untuk estetika yang lebih baik, nanti beliau yang mendesain. 2019 akan saya kerjakan,” ungkap Basuki.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengutarakan, jika APBN 2019 telah ditransfer oleh pemerintah, ia berjanji akan segera menggenjot revitalisasi Sungai Kalimalang.

“Sebagai arsitek saya banyak pengalaman mengurus sungai, insya Allah 2019 kalau anggarannya cair, saya akan kebut, sehingga di akhir tahun akan menjadi luar biasa,” jelasnya.

Baca: Kementerian PUPR Kebut Pembangunan Infrastruktur di Selatan Jawa Barat

Sebelumnya, gagasan merevitalisasi sungai itu pernah disampaikan Ridwan melalui akun Instagramnya. Tidak hanya Sungai Kalimalang, mantan Wali Kota Bandung ini juga menggandeng Kementerian PUPR untuk pemulihan Sungai Citarum.

“5 tahun kita kerja sama, kita jadikan sungai Citarum yang hari ini banyak masalah yang jadi citra buruk, insya Allah dalam lima tahun Pemprov Jawa Barat, pengembalian marwah martabat Sungai Citarum sebagai sungai yang terbaik,” tuturnya.

Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved