Breaking News:

BRI Dorong UMKM Memperluas Pasarnya ke Luar Negeri

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisa memperluas pasarnya ke luar negeri.

TRIBUNNEWS/SYAHRIZAL SIDIK
Dirut BRI Suprajarto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisa memperluas pasarnya ke luar negeri.

Direktur Utama Bank BRI Suprajarto mengatakan, UMKM Indonesia punya potensi besar menjadi pemain global karena, produk-produk UMKM Indonesia cukup bervariatif, sehingga bisa diekspor ke pasar luar negeri.

Untuk mendorong UMKM bisa memasarkan produknya lebih luas secara digital, BRI telah mengembangkan platform e-commerce Indonesia Mall.

Saat ini, platform tersebut sudah bekerja sama dengan Tokopodia, Bllibli.com dan Bukalapak.

"Mall Indonesia adalah marketplace-nya seluruh UKM, sekarang sudah banyak e-commerce yang udah masuk di situ karena sangat menarik dan ini khusus UKM," kata Suprajarto saat ditemui di Balai Sidang Jakarta, Minggu (16/12/2018).

Suprajarto menambahkan, dengan adanya akses pasar e-commerce bagi UMKM, hal tersebut bisa mendorong UMKM meningkatkan kapasitas bisnis dan mendorong ekspor.

"Harapan saya tidak hanya meningkatkan kapasitas UMKM, tapi juga saya ingin, terutama yang memang bisa untuk komoditas ekspor, kita lebih dorong bisa jualan di luar negeri," kata dia.

Menurutnya, pertumbuhan kredit BRI di sektor UMKM juga mencatatkan tren yang positif.

Hal itu terlihat dari kinerja bank pelat merah tersebut pada triwulan ketiga 2018.

Halaman
12
Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved