Breaking News:

Lion Air Bakal Kurangi Batas Bagasi Penumpang, Bagaimana Maskapai Lain?

Maskapai penerbangan Lion Air dikabarkan akan mengurangi batas maksimal bagasi cuma-cuma atau free baggage allowance.

copybook.com
Luggage tag atau tag bagasi adalah satu benda yang dapat mengamankan tas atau koper untuk tetap kembali kepada pemiliknya saat keluar dari sabuk konveyor. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBINNEWS.COM, JAKARTA - Maskapai penerbangan Lion Air dikabarkan akan mengurangi batas maksimal bagasi cuma-cuma atau free baggage allowance.

Berdasarkan surat edaran untuk biro perjalanan, kapasitas bagasi Lion Air akan diturunkan dari 20 kilogram per orang menjadi 10 kg. Sementara untuk anak perusahaan Wings Air, kapasitas bagasi juga akan turun dari 10 kg menjadi 5 kg.

Saat dikonfirmasi, Lion Air belum bisa menjelaskan lebih lanjut kapan aturan baru ini benar- benar akan diterapkan.

Pihak maskapai mengatakan, hingga saat ini aturan terkait jumlah barang bawaan penumpang masih normal.

"Iya masih normal. Nanti akan saya update lebih lanjut," kata Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro saat dikonfirmasi Tribinnews.com, Senin (17/12/2018).

Baca: Lion Air Turunkan Maksimum Barang Bawaan Penumpang dari 20 Kg Jadi 10 Kg, WIngs Air Jadi 5 Kg

Lalu bagaimana ketentuan bagasi penumpang di maskapai penerbangan lainnya? Baik dari penerbangan full service seperti Garuda Indonesia dan Batik Air, medium service seperti Sriwijaya Air, maupun yang berbiaya murah atau low cost carrier semacam Citilink dan Lion Air. Berikut ulasannya:

1. Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menerapkan kapasitas lebih besar untuk bagasi bebas biaya dibanding Lion Air, yaitu 32 kg. Namun, khusus untuk penumpang first class dapat membawa bagasi bebas biaya seberat 40 kg, kelas bisnis 30 kg, dan ekonomi 20 kg.

Untuk bagasi yang boleh dibawa ke kabin, ada ketentuan dengan batas ukuran maksimum;panjang 56 cm, lebar 36 cm atau tebal 23 cm, dan jumlah dari tiga dimensi tersebut tidak melebihi 115 cm atau berat 7kg.

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved