Kementerian ESDM Kucurkan 3,6 Triliun untuk Pembangunan Infrastruktur Selama 2018

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial mengungkapkan, sebanyak 54 persen anggaran dibelanjakan untuk infrastruktur.

Kementerian ESDM Kucurkan 3,6 Triliun untuk Pembangunan Infrastruktur Selama 2018
AKTUAL
Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengklaim sepanjang 2018 anggaran lebih banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan program-program yang menyasar langsung ke masyarakat.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial mengungkapkan, sebanyak 54 persen anggaran dibelanjakan untuk infrastruktur.

Realisasi anggaran hingga akhir tahun tercatat mencapai 90 persen.

"Pelaksanaan anggaran Kementerian ESDM membaik secara kuantitas maupun kualitas. Belanja untuk infrastruktur atau publik fisik sebesar 54 persen atau sekitar Rp 3,6 triliun untuk program dan kegiatan yang diperlukan masyarakat," ujar Ego di Jakarta, Selasa (1/1/2019) pagi.

Ego menyebutkan sejumlah program yang dimaksud, yaitu jaringan gas kota, konversi minyak tanah ke elpiji, konverter kit untuk nelayan kecil, Penerangan Jalan Umum (PJU).

Baca: Pasangan Peserta Nikah Massal Termuda Ini Punya Prinsip Daripada Pacaran, Mending Langsung Nikah

Kemudian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) untuk masyarakat di daerah pelosok, serta sumur bor untuk daerah yang sulit air.

Baca: Mengaku Punya Bom, Seorang Laki-laki Buat Bandara Schipol Sibuk Evakuasi Penumpang

Anggaran yang pro-rakyat ini juga diikuti capaian realisasi penyerapan yang semakin membaik.

"Dalam 10 tahun terakhir sejak 2009, baru kali ini penyerapan anggarannya telah mencapai di atas 87 persen, dari total anggaran Rp 6,6 triliun," lanjut Ego.

Baca: Mahfud MD Berkomentar Bagus Saat Tanggapi Soal Ribuan Triliun Utang Indonesia, Simak Penjelasannya

"Tahun ini luar biasa, banyak pencapaian di akhir tahun ini, salah satunya realisasi penyerapan anggaran sangat membaik, yang diprioritaskan untuk program-program untuk rakyat. Jadi, APBN yang dari rakyat, benar-benar kembali ke rakyat," tandasnya.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved