YLKI: Aturan Baru Membayar Bagasi untuk Penumpang Adalah Kenaikan Tarif Terselubung

Tulus Abadi meminta Kementerian Perhubungan mengatur besaran dan mengawasi pelaksanaan bagasi berbayar LCC.

YLKI: Aturan Baru Membayar Bagasi untuk Penumpang Adalah Kenaikan Tarif Terselubung
Tribunnews.com/Syahrizal
Tulus Abadi 

Laporan Reporter Kontan, Harry Muthahhari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyoroti langkah Lion Air, Wings Air, dan yang terbaru Citilink terkait bagasi berbayar. Penerapan aturan bagasi berbayar bisa menyebabkan pengeluaran konsumen untuk biaya transportasi pesawat naik.

 “Dengan demikian bagasi berbayar adalah kenaikan tarif pesawat secara terselubung,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id pada Kamis (10/1/2019).

Tulus Abadi meminta Kementerian Perhubungan mengatur besaran dan mengawasi pelaksanaan bagasi berbayar LCC.

“Jika tidak diatur bisa semena-mena bagasi berbayar harus ditetapkan dalam standar harga yang jelas agar tidak melanggar tarif batas atas dan bawah,” jelasnya.

Menurut situs resmi Lion Air harga bagasi tambahan bervariasi. Kemudian Kontan.co.id melakukan pengecekan langsung di situs itu.

Baca: Tiga Maskapai Penerbangan Kompak Nyatakan Tak Langgar Ketentuan Batas Atas Tarif Tiket

Untuk tujuan Jakarta- Surabaya pada Rabu tanggal 16 Januari 2018 harga bagasi untuk 5 kilogram sebesar Rp 80 ribu, 10 kg sebesar Rp 160 ribu, 15 kg Rp 240 ribu, 20 kg Rp 320 ribu, 25 kg Rp 400 ribu, dan 30 kg Rp 480 ribu. Harga yang sama berlaku pada Rabu minggu berikutnya 23 Januari 2019.

Sementara ini pantauan Kontan.co.id, belum ada perubahan harga tiket antara ketika bagasi berbayar sudah dan belum ditetapkan Lion Air.

Lion Air memutuskan menunda kebijakan penghapusan free bagasi dari awalnya 8 Januari 2019 menjadi 22 Januari 2019. Hal itu atas permintaan Kementerian Perhubungan yang meminta agar Lion Air melakukan sosialisasi terlebih dahulu 14 hari sebelum free bagasi dihapus.

Mengintip di situs Lion Air, harga tiket pesawat Lion Air tujuan Surabaya dari Cengkareng pada hari Rabu 16 Januari 2019 atau sebelum ditetapkan adalah Rp 950 ribu untuk kelas ekonomi.

Di hari Rabu minggu selanjutnya, 23 Januari 2019 dengan asumsi free bagasi telah dihapus, harga tiket Lion Air tujuan Surabaya dari Cengkareng ke Surabaya berada di angka yang sama yakni Rp 950 ribu.

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved